400 KK di Kretek Paguyangan Segera Nikmati Air Bersih dari Pamsimas

BREBES Sekitar 400 Kepala Keluarga (KK) di Desa Kretek, Kecamatan Paguyangan segera menikmati air bersih dari Pamsimas. Mereka berada di Dukuh Tanjung Sari dan Penisihan. Sebelum ada Pamsimas penduduk di dua dukuh tersebut selalu merasa kesulitan dalam mendapatkan air bersih saat musim kemarau.

“Penduduk di Tanjung Sari dan Penisihan selama ini mengandalkan air dari sumur gali untuk memenuhi kebutuhan air bersih rumah tangga mereka,” kata Kepala Desa Kretek, Ahya, Kamis (06/02/2020) di ruang kerjanya. Di Tanjung Sari sendiri terdapat 250 KK dan di Dukuh Penisihan terdapat 150 KK.

Ahya mengatakan, meskipun hampir setiap rumah memiliki sumur gali, namun saat musim kemarau melanda, sumur-sumur tersebut mengering sehingga ketika warga membutuhkan air bersih harus pergi ke tempat lain yang jauh dari rumah mereka.

“Jika Pamsimas ini beroperasi maka warga tidak lagi kesulitan dalam mendapatkan air bersih saat musim kemarau tiba,” tutur Ahya.

Sekretaris Desa Kretek Edi Setabudi menuturkan, agar warga di dua dukuh tersebut bisa menikmati air bersih dari Pamsimas maka perlu dibuatkan jaringan air dari mata air ke rumah-rumah penduduk.

“Saai ini sedang dibangun pipa-pipa air menuju rumah penduduk dan bak penampungan atau bak pembagi,” kata Edi. Ia menambahkan, pembangunan jaringan air bersih ke rumah penduduk ini menggunakan pipa.

Air dari mata air, kata Edi, disalurkan ke bak penampungan yang telah dipasang sebelumnya sepanjang 1,1 kilometer. Dari bak penampungan, air bersih lalu dialirkan ke rumah-rumah penduduk untuk dimanfaatkan sebagaimana mestinya.

Salah seorang warga Dukuh Tanjung Sari, Fathonah (41) mengaku senang dengan dibangunya Pamsimas ini. Dengan adanya jaringan pipa air bersih di perkampunganya ia dan warga lainya dipastikan tidak akan kesulitan air bersih lagi terutama saat musim kemarau. (Yd)

Baca juga

Tulis komentar dibawah ini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Open chat
Powered by