Sebagai Upaya Pencegahan Banjir
7.000 Karung Pasir Dipasang di Sungai Babakan

7.000 Karung Pasir Dipasang di Sungai Babakan

BREBES Sedikitnya 7.000 karung pasir dipasang di sungai Babakan. Pemasangan karung ini untuk memperkuat tanggul sungai. Pemasangan dilakukan oleh warga dan relawan, Jumat (07/02/2020).

Pemasangan karung pasir dilakukan secara gotong-royong oleh warga Desa Cekesal Lor, Kecamatanan Ketanggungan, bersama dengan relawan, serta anggota TNI dari Kodim 0713 Brebes. Secara keseluruhan personil yang terjun dalam pemasangan karung pasir tersebut berjumlah 100 orang.

Danramil 05 Ketanggungan Kodim 0713 Brebes Kapten Inf  Sugeng Wiratno mengatakan, kerja bakti yang dilakukan ini untuk membantu eskavator untuk mengisi jumbo bag yang diisi dengan tanah maupun pasir sungai.

“Ada tujuh alat berat dari dinas pekerjaan umum dan BBWS,” kata Sugeng. Target pemsangan jumbo bag sendiri adalah 7.000 bah, namun baru 2.000 buah yang terpasang.

Luapan sungai Babakan yang melintas di Desa Ceukesal Lor, Kecamatan Ketanggungan beberapa waktu lalu merendam desa tersebut serta jalan raya Pejagan-Ketanggungan. Banjir sendiri disebabkan karena adanya tanggul yang jebol.

Tanggung yang jebol tersebut bukan hanya satu, tetapi tiga tanggul sehingga rumah-rumah penduduk di Dukuh Babakan dan Campur, Desa Ceukesal Lor, Kecamatan Ketanggungan terendam banjir. Ketinggian banjir bervariasi. Genangan banjir tertinggi berada di jalan raya Pejagan-Ketanggungan, yakni mencapai 30 centimeter.

Utara Banjir, Selatan Longsor

Intensitas hujan yang tinggi akhir-akhir ini membuat sungai meluap dan bisa menyebabkan banjir. Kondisi ini menuntut warga yang tinggal di sekitar bantaran sungai maupun warga yang bermukim yang daerahnya dialiri sungai untuk waspada terhadap ancaman bencana banjir yang sewaktu-waktu bisa menerjang daerah mereka terutama saat hujan deras turun.

Jika di daerah utara Kabupaten Brebes terjadi bencana banjir, maka di daerah selatan Kabupaten Brebes terjadi bencana tanah longsor maupun tanah bergerak. Tanah longsor terjadi dimana-mana terutama pasca hujan deras turun baik longsor sekala kecil maupun sedang.

Longsor terjadi hamper di setiap kecamatan di Kabupaten Brebes wilayah selatan seperti Tonjong, Bumiayu, Bantarkawung, Sirampog, dan Salem. Longsor mengakibatkan badan jalan maupun rumah warga terancam. Unuk mencegah terjadinya longsor susulan, maka titik-titik yang mengalami longsor telah mendapat penanganan darurat dari pihak terkait seperti Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Pemerintah Desa, mapun warga masyarakat. (Aan/Yd)

Baca juga

Tulis komentar dibawah ini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Open chat
Powered by