Bank Indonesia terus sosialisasikan QRIS

Bank Indonesia terus sosialisasikan QRIS

BREBES Bank Indonesia terus sosialisasikan QRIS (Quick Response Code Indonesia Standard) pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dalam bertransaksi.

Transaksi dengan menggunakan QRIS dinilai lebih aman dan terhindar dari peredaran uang palsu.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Tegal, M Taufik Amrozy mengatakan, perkembangan jaman seperti sekarang ini membuat pembayaran non tunai berkembang pesat seiring dengan perkembangan ekonomi dan keuangan digital 4.0.

“QRIS diluncurkan pada 17 Agustus 2019 silam,” kata Taufik. Ia mengatakan, QRIS adalah integrasi seluruh sistem platform aplikasi pembayaran digital yang diterbitkan oleh seluruh penyedia layanan sistem pembayaran.

Menurut Taufik, setiap pedagang cukup memiliki satu QR untuk menerima pembayaran dari seluruh aplikasi sistem pembayaran digital.

Secara umum terdapat berbagai manfaat penggunaan QRIS bagi masyarakat dalam bertransaksi. Terdapat 8 (delapan) manfaat khusus bagi merchant atau UMKM pengguna QRIS antara lain;

Pembayaran menggunakan QRIS mengikuti tren pembayaran non tunai digital. Artinya, tersedia alternatif metode pembayaran bagi customer sehingga memperluas pangsa pembeli khususnya generasi muda yang tentunya berpotensi meningkatkan omset penjualan.

Uang hasil penerimaan usaha dan untuk keperluan pribadi secara otomatis karena hasil penerimaan dari QRIS akan otomatis masuk rekening. Mengurangi kesulitan merchant dalam menyediakan uang kecil untuk kembalian.

Menghilangkan potensi kerugian akibat penerimaan pembayaran menggunakan uang palsu. Hasil penjualan tercatat otomatis dan uangnya langsung tersimpan di bank serta dapat dimonitor setiap saat melalui aplikasi.

“Salah satu keunggulan QRIS adalah antar platform aplikasi yang dikembangkan perusahaan penyedia jasa pembayaran, baik bank ataupun non-bank sudah saling terhubung dengan mudah, termasuk bank-bank di daerah. Dengan QRIS, kita dapat mendorong kemajuan sektor UMKM termasuk koperasi, yang tentunya mempercepat akses keuangan bagi pelaku usaha,” pungkasnya. (Is)

Judul berita diatas: Bank Indonesia terus sosialisasikan QRIS

Baca juga

Tulis komentar dibawah ini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Open chat
Powered by