Bawaslu Bentuk Desa Pengawas Pemilu dan Desa Anti Politik Uang

PortalPantura.com, Brebes – Untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pemilihan umum (Pemilu), Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) membentuk Desa Pengawas Pemilu dan Desa Anti Politik Uang.

“Pembentukan Desa Pengawas Pemilu dan Desa Anti Politik Uang diikuti oleh 35 kabupaten/kota se Jawa Tengah, jadi ini cuma ada di Jawa Tengah,” kata salah seorang Komisioner Bawaslu Kabupaten Brebes, Rudi Raharjo, Senin (4/11/2019) di Balai Desa Pangebatan, Kecamatan Bantarkawung, Brebes, usai pembacaan komitmen bersama pembentukan Desa Pangebatan sebagai Desa Pengawas Pemilu.

Rudi mengatakan, untuk Kabupaten Brebes ada 3 desa pengawas pemilu dan 3 desa anti politik uang. Untuk Desa Pengawas Pemilu yakni Desa Pangebatan Kecamatan Bantarkawung, Desa Purwodadi Kecamatan Tonjong, dan Desa Cikandang Kecamatan Kersana. Untuk Desa Anti Politik Uang yakni desa Winduasri Kecamatan Salem, Desa Cisereh Kecamatan Ketanggungan, dan Desa Cikesal Kecamatan Ketanggungan.

Sebelum dibentuk, desa-desa tersebut dilihat beberapa kriteria seperti memiliki hubungan baik dengan pemerintah desa dan mau menerima informasi dari luar.

“Kami juga melakukan assesment di Desa Pangebatan dan dinilai cukup untuk dijadikan percontohan desa pengawas pemilu,” tutur Rudi.

Dalam pembentukan desa pegawas pemilu dan desa politik uang, Bawaslu fokus pada desa-desa terpencil yang jauh dari ibu kota pemerintahan kabupaten serta desa-desa yang terdapat kejadian khusus baik pada pilkada maupun pemilu.

Kepala Desa Pangebatan, Lukmanul Hakim berterima kasih kepada Bawaslu yang telah menunjuk desanya menjadi desa pengawas pemilu. “Masyarakat diharapkan bisa berpartisipasi dalam pengawasan pemilu,” katanya.

Dengan menjadi desa pengawas pemilu, masyarakat diharapkan dapat megawal jalanya pemilu agar lebih baik lagi. Selain itu, warga juga dapat berperanserta dalam sosialisasi tentang pemilu.

Sementara, pembacaan komitmen Desa Pangebatan sebagai desa Pengawas Pemilu juga dilakukan penandatanganan ikrar komitmen serta pemberian plakat dari Bawaslu Kabupaten Brebes ke Kepala Desa Pangebatan serta potong tumpeng. (*)

Recommended For You

Tulis komentar dibawah ini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Open chat
Powered by