Bicara Dana Desa Jangan Cuma Infrastruktur

Bicara Dana Desa Jangan Cuma Infrastruktur

BREBES Dalam menggunakan dan bicara dana desa jangan Cuma masalah infrastruktur saja, tetapi juga masalah pemberdayaan.

“Mari teman-teman kepala desa untuk menggeser fokus pembangunan dari infrastruktur ke pemberdayaan,” kata Anggota DPRD Kabupaten Brebes Sudono SH usai menghadiri Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Tingkat Kecamatan Bantarkawung, Kamis (13/02/2020).

Politisi Partai Golkar ini mengatakan, ruh dana desa bukan hanya infrastruktur saja, tetapi ada item lain yang perlu disentuh dengan menggunakan dana desa.

“Mari kita bareng-bareng membangun desa,” kata Dono.

Potensi-potensi di Bantarkawung sangat banyak sekali jika ingin digali. Di Pangebatan akan dikembangkan wisata Demang Sakti, di daerah lain ada GGLC.

“Sekilas GGLC ini Cuma kayak gitu saja, tetapi pendapatanya bisa mencapai Rp.200 ribu perhari,” ucap Dono.

Dono juga berpesan kepada kepala desa dalam mengembangkan desanya tidak bergantung kepada pemerintah daerah saja.

Usulan dalam musrenbang yang tidak semuanya direalisasikan bukan berarti pemerintah tidak memperhatikan pembangunan, tetapi lebih melihat pada skala prioritas. Terlebih, pemerintah daerah Kabupaten Brebes akan membangun perkantoran terpadu dan rumah sakit di Ketanggungan.

Geser Fokus Infrastruktur ke Pemberdayaan

Camat Bantarkawung, Eko Supriyono MSi juga mengajak kepada kepala desa di Kecamatan Bantarkawung untuk pelan-pelan menggeser fokus pembangunanya dari infrastruktur ke pemberdayaan.

“Sektor pendidikan sangat membutuhkan uluran tangan, begitu pula dengan sector kesehatan,” kata Eko.

Camat gaul ini menuturkan, dalam membangun desa harus merubah pola piker agar desa yang dikelolanya bisa maju dan berkembang.

“Terus terang saya bosan dengan kegiatan fisik, meskipun masih dibutuhkan,” ucap Eko. Ia menambahkan, pembangunan yang menggunakan dana desa sebaiknya mencakup semua hal, terutama pemberdayaan. Hal ini dimaksudkan agar dana desa yang dikucurkan oleh pemerintah pusat kebermanfaatanya bisa dirasakan semua warga desa. (Yd)

Bicara Dana Desa Jangan Cuma Infrastruktur

Baca juga

Tulis komentar dibawah ini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Open chat
Powered by