BREBES – Kabupaten Brebes wilayah selatan memiliki beragam potensi, mulai dari alam hingga penemuan fosil purbakala. Potensi tersebut dirangkai menjadi paket wisata yang diberinama Eduwisata. Wisata ini dilanunching oleh Bupati Brebes Hj Idza Priyanti SE MH, Rabu (29/01/2020) di Dukuh Maribaya, Desa Kalinusu, Kecamatan Bumiayu. Launching tersebut juga dalam rangka memperingati HUT Brebes ke-342.

Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (DPKH) dr Ismu Broto mengatakan, Eduwisata merupakan rangkaian wisata pendidikan mulai dari wisata kepurbakalaan di Desa Galuh Timur Kecamatan Tonjong dengan wisata offroad dan peternakan dan padang penggembalaan di Dukuh Maribaya, Desa Kalinusu, Kecamatan Bumiayu.

“Kebetulan, untuk menuju padang pengembalaan jalanya ekstrim, apalagi jika musim hujan,” kata Ismu. Sehingga, lanjuntnya dibuat jalur fun dengan menggunakan jeep offroad.

Ismu mengungkapkan, ke depan, akan dibuat jalur atau rute wisata Kali Purba di Desa Galuh Timur sebagai tempat transit yang kemudian menuju padang penggembalaan sapi di Dukuh Maribaya menggunakan jeep.

“Saat tiba di Maribaya, wisatawan disuguhi kuliner khas lokal,” ucap Ismu. Wisatawan juga diajak dan diajari cara memandikan sapi dan kerbau. Selain itu, wisatawan juga diajak mengunjungi kandang pelangi. Kandang pelangi sendiri adalah kandang kambing yang dicat warna-warni.

Ismu menuturkan, Eduwisata ini sedang dirintis oleh Karang Taruna Desa Galuh Timur Kecamatan Tonjong dan Desa Kalinusu Kecamatan Bumiayu. (*)

Leave a Reply

  • (not be published)