Bupati dan Relawan Bersihkan Pantai Cemara

PortalPantura.com, Slawi – Bupati Tegal, Umi Azizah melakukan kegiatan bersih-bersih Pantai Cemara bersama dengan 5 ribu relawan yang berasal dari siswa sekolah, komunitas, instansi dan relawan lainya, Kamis (15/11/2019). Dalam acara tersebut juga dicanangkan Maribaya Bersih Sampah.

Umi mengatakan, persoalan sampah harus diselesaikan secara bersama-sama dan harus dilakukan mulai dari diri sendiri.

“Gotong royong membersihkan sampah adalah salah satu cara merawat dan menjaga lingkungan bersama. Namun, saya tekankan tidak hanya dilakukan seremonial di hari ini saja. Tetapi diterapkan di setiap hari supaya Pantai Cemara benar-benar bersih dan bebas sampah,” kata Umi.

Menurut Umi, penyumbang sampah terbanyak adalah sampah rumah tangga, karena itu, kepada semua masyarakat diharapkan tidak malas memilih dan membedakan sampah.

Dengan memilih dan membedakan sampah antara organik dan non-organik bisa dimanfaatkan untuk diolah kembali sehingga bisa menghasilkan uang. Seperti sisa makanan bisa diolah kembali menjadi maggot sebagai pakan ikan. Sampah non-organik juga bisa dimanfaatkan dan menghasilkan uang, seperti sampah plasktik yang bisa dijadikan tas dan produk lainya.

Khusus kepada warga sekitar pantai Cemara, Umi berpesan agar selalu menjaga pantai tersebut.

Perwakilan Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Jawa Tengah Sri Herin mengapresiasi acara Gotong Royong Bersih Pantai Cemara ini. Dirinya menyebutkan bahwa gotong royong merupakan roh warisan budaya asli Indonesia. 

“Gotong royong ini menjadi wujud kebersamaan, cikal bakal masyarakat asli Indonesia. Dengan gotong royong ini juga dapat menjaga keseimbangan lingkungan sekitar pantai,” ujarnya.***

(CH02TGL/OI)

Recommended For You

Tulis komentar dibawah ini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Open chat
Powered by