Peresmian Masjid Jami Baitul Mukarrom Kramat Bumiayu
Bupati: Masjid Jangan Hanya Untuk Sholat Saja

PortalPantura.com, Bumiayu – Bupati Brebes Hj Idza Priyanti SE MH meresmikan masjid jami Baitul Mukarrom di Dukuh Kramat, Bumiayu. Peresmian ditandai dengan pengguntingan pita dan dirangkai dengan pengajian.

“Saya ucapkan selamat kepada panitia, dan juga masyarakat. Melalui wakaf dan shodaqoh, masjid ini bisa dibangun,” kata Idza usai meresmikan masjid jami Baitul Mukarrom.

Idza menambahkan, masjid yang dibangun bukan hanya untuk ibadah sholat saja, tetapi juga bisa digunakan untuk kegiatan keagamaan lainya, termasuk syiar Islam.

Meskipun telah diresmikan, namun ada beberapa bagian bangunan yang belum sepenuhnya selesai seperti menara masjid. Rencananya, Pemerintah Kabupaten Brebes akan menyumbang sebesar Rp65 juta melalui pihak terkait.

Ketua panitia pembangunan masjid jami Baitul Mukarrom, Iwan Efendi mengungkapkan, pembangunan masjid memakan waktu kurang lebih tiga tahun. Dan, ada empat menara masjid yang belum terbangun. Namun, Pemkab Brebes akan menyumbang pembangunan satu menara.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada segenap masyarakat, mudah-mudahan usaha baik ini menjadi ibadah,” kata Iwan.

Takmir masjid jami Baitul Mukarrom, Sulaiman Rouf mengatakan, pembangunan masjid dimulai pada 12 Desember 2016 silam. Masjid ini dibangun diatas tanah wakaf keluarga dan sumbangsih masyarakat.

“Pada awal pembangunan terkumpul dana 11 juta, dibelanjakan material berupa semen 40 sak, pasir 15 ton dan batu 10 ton. Alhamdulillah sekarang telah mencapai 90 persen dan menghabiskan dana sekitar 1,6 Milyar,” terang Sulaiman.

Ditambahkan Sulaiman, pembangunan hanya mengandalkan bantuan dari masyarakat dan donatur lainnya. Tahap selanjutnya yaitu pembangunan menara, satu menara dianggarkan sekitar Rp 65 juta.

Hadir pada kesempatan tersebut, selaku penceramah Habib Salim Sholahuddin Bin Jindan, Camat Bumiayu, beberapa SKPD Brebes, tokoh agama dan tokoh masyarakat, serta masyarakat sekitar. (*)

Baca juga

Tulis komentar dibawah ini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Open chat
Powered by