PortalPantura.com, Brebes – Pasar Linggapura di Kecamatan Tonjong, selama ini menjadi pangkalan bagi angkutan umum tujuan wilayah sekitar seperti Bumiayu, Tonjong, Margasari, dan Bumijawa Kabupaten Tegal. Namun karena lahan yang sempit membuat armada yang ngetem di sekitar pasar menjadi semrawud. Karena kondisi tersebut diwacanakan dibuat sub terminal.

Kepala Desa Linggapura Asikin mengatakan, kehadiran sub terminal di Linggapura terutama di sekitar pasar sangat dibutuhkan, karena banyaknya sebagai tempat pemberhentian angkutan umum dan jurusan Bumiayu, Bumijawa Tegal, dan Margasari Tegal.

“Ada 26 angkutan umum yang melayani jurusan Bumijawa Tegal,” kata Asikin. Sementara untuk jurusan Bumiayu ada sekitar 26 angkutan umum jenis cerry.

Untuk angkutan jurusan Bumijawa, angkutan mengetem di ruas jalan Linggapura-Purwodadi atau di depan balai desa Linggapura. padahal, di situ tidak ada lahan parkir sehingga menghambat laju lalu lintas karena angkutan umum tersebut parkir dipinggir jalan dan sebagian bodi angutan umum berada diatas jalan.

Untuk angkutan umum jurusan Bumiayu juga ngetem di depan pasar Linggapura dan berhenti dipinggir jalan. Kondisi ini tentu berbahaya bagi laju lalu lintas maupun calon penumpang yang lalu lalang menyebereang jalan, mengingat arus lalu lintas di depan pasar Linggapura merupakan jalan nasional yang padat terutama pada pagi dan sore hari.

Keberadaan sub terminal sangt dibutuhkan angkutan umum yang ngetem di sekitar pasar Linggapura tidak lagi dipinggir jalan sehingga tidak mengganggu arus lalu lintas dan membahayakan calon penumpang.***

(yp0bma)

Leave a Reply

  • (not be published)