Gema Kalijurang Sehat Digelar Setiap 3 Bulan

PortalPantura.com, Brebes – Kepala Desa Kalijurang, Kecamatan Tonjong, Edi Riyanto mengatakan, desanya setiap 3 bulan menggelar Gema Kalijurang Sehat, kegiatan ini bekerja sama dengan Forum Kesehatan Desa (FKD) setempat.

Dalam kegiatan Gema Kalijurang Sehat diadakan berbagai pelayanan kesehatan kepada masyarakat seperti pembuatan BPJS gratis, pelayanan kesehatan berkala, donor darah, dan lain sebagainya.

“Puncaknya setiap satu tahun sekali FKD dalam program Gema Kalijurang Sehat menyelenggarakan festival Kalijurang sehat,” kata Edi saat talk show di radio Singosari FM Brebes, Rabu (4/12/2019).

Edi menuturkan, di desanya terdapat Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah yang terletak di RW. 4 Dusun/Desa Kalijurang itu, berjarak kurang lebih 100 meter dari pemukiman penduduk. Karena itu, sangat dibutuhkan alat pengolahan sampah yang memadai agar sampah-sampah yang masuk ke TPA bisa diolah kembali.

“Kami telah mengajukan alat pengolahan sampah melalui Dinas Lingkungan Hidup dan Pengelolaan Sampah (DLHPS) Brebes yang insya Alloh direalisasikan tahun depan,” ungkap Edi.

DLHPS dan Pemerintah desa sepakat untuk menata TPA yang telah berdiri sejak tahun 1999 tersebut. Nantinya, di TPA akan ada Unit Pengelolaan Teknis (UPT) agar penanganan sampah di TPA tidak dengan cara dibakar lagi.

Edi berharap, dengan adanya unit pengelolaan sampah dapat memberi solusi penanganan sampah yang selama ini menimbulkan bau tidak sedap serta sampah yang berterbangan ke lahan warga di sekitar TPA karena tertiup angin.

“Untuk meminimalisir dampak kesehatan bagi warga, kami akan melakukan reboisasi atau penghijauan di sekitar TPA,” ujar Edi.

Babinsa Koramil 09 Tonjong Kodim 0713 Brebes, Serka Syaefudin mengaku dirinya selalu melakukan edukasi tentang sampah kepada masyarakat malalui sosialisasi-sosialisasi.

“Kami juga memotivasi dan memberikan pemahaman kepada masyarakat khususnya kepada FKD (Forum Kesehatan Desa), bahwa jika nantinya alat pengolahan sampah sudah ada maka akan dapat menyerap tenaga kerja setempat,” ucapnya.***

(pendim0713bbs/aan/yp01bma)

Recommended For You

Tulis komentar dibawah ini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Open chat
Powered by