Hadirnya KIB Bisa Bawa Pengaruh Negatif Maupun Positif

SARASEHAN - Pemda Brebes menggelar Sarasehan dalam rangka harijadinya yang ke-342 di Pendopo Brebes, Kamis (16/01/2017). (Foto: dok. Dinkominfotik Brebes).

PORTALPANTURA.COM, BREBES:

Hadirnya Kawasan Industri Brebes (KIB) merupakan keniscayaan yang benar-benar akan terjadi. Karena itu masyarakat diminta menyiapkan mental dan keterampilan untuk menghadapinya. Hadirnya KIB akan sedikit banyak membawa perubahan maupun pengaruh, baik itu positif maupun negatif.

“Saya minta seluruh masyarakat siapkan mental dan keterampilan diri,” kata Bupati Brebes Hj Idza Priyanti SE MH dalam Sarasehan hari jadi ke-342 Kabupaten Brebes 2020 di pendopo Kabupaten Brebes, Kamis (16/01/2020).

Peruntukan KIB

Sementara itu, Kepala Baperlitbangda Kabupaten Brebes Drs Edy Kusmartono MSi menyampaikan berbagai hal terkait Kawasan Industri dan Kawasan Peruntukan Industri. Salah satunya terkait akan terbukanya banyak lowongan pekerjaan yang sudah secara khussus diminta untuk diisi oleh masyarakat Brebes sendiri.

Dalam menjawab kehawatiran banyak pihak akan terjadinya pencemaran lingkungan yang disebabkan oleh suatu industry, Edy menyampaikan bahwa pabrik pabrik yang masuk di Brebes diutamakan adalah pabrik yang padat pekerja dan minim limbah.

“Tenang saja, sudah ada Tim Khusus yang bertugas untuk mengawasi maslah limbah, sehingga pabrik dengan limbah tidak aman maka tidak akan di izinkan berdiri di Brebes,” terang Edy.

Narasumber lain Cendekiawan Muda yang juga merupakan ahli sejarah dan Editor sebuah media Online asal Kecamatan Ketanggungan Ivan Aulia Akhsan SS mengingatkan keberadaan Kawsan Industri Brebes memang akan menjadikan perubahan besar terhadap Kabupaten Brebes. Baik perubahan sosial budaya maupun taraf hidup dan perekonomian masyarakat sekitar.

Namun demikian menurut Ivan masyarakat diminta jangan terus bergantung pada Kawasan Industri yang ada sehingga kemudian anak muda Brebes enggan untuk menempuh pendidikan lebih tinggi lagi.

“Jangan sampai anak muda kita selesai tamat SMA/SMK kemudian stop untuk mempunyai niat melanjutkan kuliah, karena lulus SMA saja sudah bisa kerja di pabrik,” ujar Ivan mengingatkan.

Ivan mengingatkan, adanya KIB harus bisa lebih mensejahterakan masyarakat, untuk itu perlu adanya peningkatan UMK. Sehingga dapat meningkatkan daya beli masyarakatnya.

Pemerintah Diharapkan Perhatikan Dampak yang Ditimbulkan KIB

Ketua Pengadilan Agama Brebes Abdul Basyir yang juga hadir dalam acara tersebut berpesan kepada pemerintah Kabupaten Brebes agar dapat memperhatikan dampak dampak yang ditimbulkan dari KIB, baik yang berupa dampak sosial dan dampak Kamtibmas.

Hadir dalam acara tersebut Bupati Brebes Idza Priyanti SE MH, Wakil Bupati Brebes Narjo SH MH, Ketua Pengadilan Agama Brebes Abdul Basyir, Kepala OPD dilingkungan Pemerintah Kabupaten Brebes, Camat se Kabupaten Brebes Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Pelajar dan Mahasiswa.(*)

Baca juga

Tulis komentar dibawah ini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Open chat
Powered by