IPM SMK Mutu Bumi Gelar Seminar Pelajar

Seminar Pelajar IPM SMK Mutu Bumi 1

PortalPantura.com, Brebes – Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM) SMK Muhammadiyah 1 Bumiayu (Mutu Bumi) menggelar Seminar Palajar yang dilangsungkan di aula sekolah tersebut, Rabu (20/11/2019) yang diikuti puluhan siswa dari SMP/MTs dan SMA/SMK se Brebes wilayah selatan.

Kepala SMK Mutu Bumi Fais Hanani mengatakan, seminar pelajar yang mengambil tema ‘Stategi Penguatan Literasi di Era Digital dalam Rangka Menghadapi Tantangan Global’ tersebut merupakan puncak dari Gradika IPM yang dilangsungkan sejak beberapa hari lalu.

“Dengan adanya seminar pelajar ini diharapkan peserta bisa menambah ilmu dari materi yang disampaikan oleh pemateri dalam seminar ini,” kata Fais.

Dalam seminar pelajar tersebut bertindak sebagai pemateri yakni Pengawas SMA/SMK se Kabupaten Brebes Dra Hj Evalatifah MPd dan Kepala Program Studi Bahasa Indonesia Universitas Muhammadiyah Purwokerto Drs Eko Suroso MPd.

Dalam seminarnya, Evalatifah menyampaikan bahwa kita semua mau tidak mau harus menghadapi era digital.

“Siswa sekarang ini semuanya telah memiliki ponsel,” kata Eva. Ia menuturkan, penggunaan ponsel didominasi untuk internet seperti mengakses media sosial, pesan instan, maupun browsing.

Maka tidak heran, ujar Eva, ada istilah no gadget no life. Ia berharap, penggunaan ponsel tidak sebatas untuk mengakses media sosial, tetapi juga untuk hal-hal bermanfaat seperti mencari ilmu pengetahuan, informasi pekerjaan, dan penggunaan lainya yang bersifat positif.

Dampak dari era digital seperti sekarang ini siswa cenderung lebih kritis dengan fenomena sosial yang berkembang. “Siswa juga lebih memilih pengalaman daripada aset,” ucapnya.

Sementara Drs Eko Suroso MPd mengingatkan kepada generasi milenial untuk lebih berhati-hati dalam menghadapi era digital seperti sekarang ini. “Jika tidak hati-hati bisa-bisa akan terjerumus,” katanya.

Dalam literasi digital, literasi hendaknya jangan hanya pada tekstual saja tetapi juga pada kontekstual.

“Jadikan literasi sebagai input dan outputnya adalah berbuat baik kepada orang lain,” ucap Eko.

Diakhir seminar di bagikan piala kepada juara yang telah memenangkan lomba-lomba pada acara Gradika IPM beberapa waktu lalu di SMK Mutu Bumi.***

(yp-01bma)

Recommended For You

Tulis komentar dibawah ini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Open chat
Powered by