Jalan Putus, 200 KK di Dukuh Kalipucung Galuh Timur Terisolir Untuk Sementara

BREBES – Jalan Desa menuju Dukuh Kalipucung, Desa Galuh Timur, Kecamatan Tonjong putus, Rabu (29/01/2020) petang. Putusnya jalan karena hujan deras mengguyur wilayah ini sebelum kejadian. Akibatnya, 200 Kepala Keluarga (KK) terisolir karena seluruh akses kendaraan tidak bisa melintas.

Kepala Desa Galuh Timur, Sobandi mengatakan, longsor terjadi setelah hujan deras mengguyur lokasi kejadian. “Hampir seluruh badan jalan longsor,” katanya.

Lahan persawahan dibawah jalan juga rusak akibat terbawa material longsoran, termasuk gubug tempat istirahat petani ditengah persawahan. Pohon-pohon yang tumbuh dibawah jalan juga ikut tumbang terbawa longsor.

“Lokasi longsor memang rawan, karena dibawah badan jalan terdapat mata air sehingga rawan longsor,” ungkap Sobandi.

Agar warga tidak terisolir, imbuh Sobandi, akan dibuat jalan darurat agar akses kendaraan bisa melintas terutama kendaraan roda dua.

Untuk menghindari hal-hak yang tidak diinginkan dan mencegah warga mendekat lokasi longsor, BPBD telah memasang garis pengaman di sekitar lokasi longsor.

Atas kejadian tersebut Pemerintah Desa Galuh Timur telah melaporkan ke pihak-pihak terkait.

Sementara, perbaikan jalan mendesak dilakukan karena selain sebagai akses utama warga juga akses menuju situs purbakala Candi Gagang Golok dan lokasi rencana pembangunan museum purbakala. (*)

Baca juga

Tulis komentar dibawah ini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Open chat
Powered by