PORTALPANTURA.COM, BREBES:

Jalan raya penghubung Sirampog Kabupaten Brebes dengan Tuwel Kabupaten Tegal longsor, Minggu (12/01/2020) tepatnya di Dukuh Graul, Desa Kaligiri, Kecamatan Sirampog, Kabupaten Brebes. Akibat kejadian tersebut pipa air bersih putus dan kandang kambing yang berada di bawah jalan tertimbun longsor.

Pelanggan Tidak Bisa Menikmati Air Bersih

Putusnya pipa air bersih akibat longsor membuat pelanggan tidak bisa menikmati air bersih yang dikelola oleh PNPM Desa Kaligiri tersebut. Mereka terpaksa harus mencari air bersih dari sumber lain.

Selain memutuskan air bersih, longsor juga menimpa kandang kambing milik Aminudin (55) yang berada di bawah sisi jalan.

Lalu Lintas Harus Hati-hati

Komandan Satgas Penanngulangan Bencana Badan Penanggulangan Bencana (PB BPBD) Kabupaten Brebes wilayah selatan, Budi Sujatmiko mengatakan, panjang longsor 20 meter dan tinggi 5 meter.

“Longsor juga memakan badan jalan 1,5 meter,” ungkap Budi.

Karena badan jalan ikut terbawa longsor, arus lalu lintas dari Sirampig menuju Tuwel maupun sebaliknya harus ekstra hati-hati melintas dilokasi itu.

Hujan Deras Akibatkan Longsor

Salah seorang warga, Karsono menyebut, Longsor yang terjadi daerahnya akibat hujan deras pada Sabtu (11/01/2020) sore hingga malam hari. Air hujan dari jalan melunjur langsung ke bawah karena di sisi jalan belum terdapat saluran air drainase.

“Talud jalan diduga tidak mampu menahan air dari jalan,” kata Karsono.

Karsono menuturkan, satu unit rumah di bawah jalan milik Kasirun juga terancam longsor.

Penanganan Longsor

Tim BPBD Kabupaten Brebes bersama TNI, Polri, dan warga berupaya melakukan penanganan pasca longsor seperti melakukan perbaikan pipa yang putus.(*)

Leave a Reply

  • (not be published)