Jamu Harus Dilestarikan

Pameran Jamu dan Produk Pangan

PortalPantura.com, Brebes – Ratusan produk jamu dan pangan industri rumah tangga di pamerkan di Pasar Ahad Saporete Islamic Center Brebes, Minggu (17/11/2019).

Pameran bertajuk ‘Bude Jamu-Panggul Segzi, Bugar Dengan Jamu-Pangan Aman, Unggul, Sehat dan Bergizi, mendapat antusias pengunjung Pasar Ahad Saporet.

Kepala Dinas Kesehatan dr Sartono menuturkan, pameran ini tak hanya menyajikan stand pameran jamu tradisional saja. Tapi juga dimeriahkan dengan 100 stand pameran yang terdiri dari 50 stand jamu tradisional berbagai industri rumahan dan 50 stand produk-produk unggulan UMKM Kabupaten Brebes.

Pameran diawali dengan senam bersama masyarakat. Peserta senam yang beruntung mendapakan Doorprize bagi masyarakat yang hadir seperti Sepeda Gunung, Kompor Gas, Magicom, Dispenser, Blender, serta hadiah menarik lainnnya.

Bupati Brebes Hj Idza Priyanti SE MH yang diwakili Sekretaris Daerah (Sekda) Brebes Ir Djoko Gunawan MT mengungkapkan, nenek moyang kita memiliki rahasia yakni jika ingin kebal terhadap serangan penyakit maka nimumlah jamu. Karena itu, generasi Milenial harus mengkonsumsi jamu setiap hari. Karena, jamu merupakan menuman kesehatan khas Indonesia yang mengandung khasiat yang luar biasa sebagai warisan leluhur bangsa.

“Jamu adalah minuman tradisional warisan nenek moyang, maka harus kita lestarikan dengan cara mengkonsumsinya setiap hari,” ajak Djoko.

Agar jamu bisa menarik kaum milenial, ujar Djoko, jamu harus dikemas semenarik mungkin dengan aneka rasa yang menggoda. Selain itu, penyajian dengan penuh ramah tamah, mempromosikan jamu melalui berbagai media sosial, dan memberikan edukasi mengenai manfaat jamu tradisional pada masyarakat juga tidak boleh ditinggalkan.

Melalui pameran ini, diharapkan masyarakat tidak terus bergantung pada obat, tetapi tumbuh budaya minum jamu untuk hidup sehat bersama dengan minum jamu.

Dalam acara tersebut terlihat hadir, Sekda Brebes Ir Djoko Gunawan MT, Kepala Dinas Kesehatan Dr Sartono MM, Kepala Dinas Pertanian dan Ketahana Pangan Ir Yulia Hendrawati MSi, Staf Ahli Bupati Bidang Kesra dan SDM Masfuri, Kepala Dinkominfotik Johari SH, Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Dr Ismu Subroto, Kabag Kesra Setda Brebes Ahmad Ma’mun, serta ribuan masyarakat Brebes dan sekitarnya.***

(Dinkominfotik Brebes)

Recommended For You

Tulis komentar dibawah ini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Open chat
Powered by