PortalPantura.com, Brebes – Kejaksaan Negeri Brebes (Kejari) memusnahkan puluhan barang bukti kasus perkara yang telah memiliki kekuatan hukum tetap dari Pengadilan Negeri Brebes sepanjang Januari hingga November 2019. Barang bukti yang dimusnahkan tersebut kasus pencurian, curas, pemalsuan obat, dan narkoba.

“Narkoba yang dimusnahkan ada yang berjenis golongan 1 berupa sabu-sabu, ganja, tembakau gorila, selain itu juga ada bong, handphone dan pestida palsu,” ungkap Kepala Kejari Brebes, Edy Hartoyo.

Hartoyo mengatakan, barang bukti yang dimusnahkan didominasi oleh kasus narkoba. Dalam pemusnahan ini, pihak yang dilibatkan seperti perwakilan Badan Narkotika Kabupaten (BNK) Brebes, Pengadilan Negeri (PN) Brebes, Lapas Brebes, Dinas Kesehatan Brebes, dan Polres Brebes.

Hartoyo mengungkapkan, barang bukti yang dimusnahkan tersebut merupakan barang bukti yang telah memiliki kekuatan hukum tetap dari Pengadilan Negeri Brebes dalam 11 bulan terakhir. Pemusnahan sendiri dilakukan agar terhindar hal-hal yang tidak diinginkan.

Kepala Seksi Penegakan Hukum BNK Brebes, Jam Klaster P Naibaho menuturkan, pemusnahan barang bukti tersebut merupakan tindakan pencegahan bagi siapapun. Ia menghimbau kepada siapapun untuk selalu berhati-hati terhadap narkoba.

“Narkoba dapat masuk ke siapapun baik muda maupun tua, bahkan remaja,” kata Jan.

Terkait narkoba, Jan mengungkapkan, BNK Brebes melaksanakan sosialisasi, kampanye stop narkoba dengan sasaran ke dunia pendidikan mulai dari PAUD, TK, SD, hingga SMA serta pesantren.

BNK Brebes juga melakukan program rehabilitasi kepada pecandu, penyalahguna, maupun korban penyalahguna narkoba.***

(3-h)

Leave a Reply

  • (not be published)