Kopi Baribis, Kopi Organik dari Perbukitan Bantarkawung

BREBES – Desa Bantarkawung, Kabupaten Brebes tengah mengembangkan kopi Baribis. Si hitam nikmat ini dipetik langsung dari pohon kopi yang berada di Bukit Baribis yang ada di Kecamatan Bantarkawung.

Kopi Baribis merupakan kopi jenis robusta karena ditanam pada ketinggian 570 hingga 900 mdpl. Kopi Baribis memiliki rasa yang khas karena berasal dari pohon tua yang telah ada sejak jaman penjajahan dulu.

Pohon kopi ditanam diperbukitan Baribis yang berjarak 8 kilometer dari Kantor Kecamatan Bantarkawung dibawah pohon tegakan pohon pinus.

Pecinta kopi bisa mendapatkan kopi ini pada penjualnya. Saat ini pengolahan kopi Baribis ditangani oleh Badan Umum Milik Desa (BUMDes) Serba Usaha (Serbu).

“Satu pics berisi bubuk kopi seberat 100 gram. Kami jual dengan harga Rp.20 ribu per pics,” kata Manager BUMDes Serbu, Ripin, Senin (27/01/2020).

Dalam pemasaran kopi jenis robusta ini masih dikelola secara tradisional, namun banyak orang yang menyukai jenis kopi ini.

“Warung-warung di Klampok, Brebes rutin perminggu memesan kopi kami,” tutur Ripin.

Untuk menjaga keamanan mutu kepada konsumen, Kopi Baribis telah mendapat sertifikat dari Lembaga Penelitian Puslitkoka Jember untuk manajemen mutu dengan nilai 80. Sertifikat juga telah diperoleh dari Dinas Kesehatan Kabupaten Brebes, sertifikat yang diberikan berupa Sertifikat Produksi Pangan Industri Rumah Tangga.

“Kami juga sedang memproses sertifikat khalal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kantor Semarang,” ungkap Ripin.

Untuk mendapatkan kopi Baribis ini, calon konsumen bisa menghubungi BUMDes Serbu Desa Bantarkawung dengan nomor telepon 083865608398. (*)

Recommended For You

Tulis komentar dibawah ini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Open chat
Powered by