KPK Soroti Proses Pengadaan Barang di Brebes

PortalPantura.com, Brebes – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyoroti berbagai hal di Kabupaten Brebes, termasuk proses pengadaan barang dan jasa.

Lembaga antirasuah tersebut juga menyoroti soal pendapatan asli daerah dari sektor pajak yang hingga kini masih menjadi catatan.

“Secara detai biar pemerintah daerah kabupaten brebes yang menyampaikan,” kata anggota KPK, Untung Wicaksono usai rapat koordinasi (Rakor) monitoring dan evaluasi (Monev) program pencegahan korupsi di lingkungan Pemkab Brebes, Rabu (6/11/2019) di aula Setda Brebes.

Hal lain yang menjadi sorotan adalah, perencanaan penganggaran, pengadaan barang dan jasa, pelayanan terpadu satu pintu, kapabilitas aparat pengawasan internal pemerintah (Apip), manajemen ASN, tata kelola dana desa, pendapatan asli daerah, dan menajemen aset daerah.

Setda Brebes, Djoko Gunawan mengatakan, kedatangan KPK ke Kabupaten Brebes tersebut dalam rangka pembinaan ke Pemkab Brebes.

“Ada 8 indikator yang disampaikan dan menjadi pembahasan bersama berkaitan dengan peningkatan kinerja pemerintah daerah,” kata Djoko.

Djoko menambahkan, beberapa saran dari KPK telah dijalankan, namun karena ada perbedaan sistem maka KPK maupun pemerintah pusat tidak bisa membacanya.

Permasalahan aset juga diakui Djoko masih menjadi kendala Pemkab Brebes sehingga sampai saat ini belum menerima predikat wajar tanpa pengecualian (WTP dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).

(Ripto)

Baca juga

Tulis komentar dibawah ini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Open chat
Powered by