Mahasiswa Undip Vaksinasi Ayam di Balapulang

BERI VAKSIN - Mahasiswa Undip memberi vaksin pada ayam bantuan program DOC di Desa/Kecamatan Balapulang. Foto: Istimewa.

PORTALPANTURA.COM, BREBES:

Mahasiswa Universitas Diponegoro (Undip) Semarang yang sedang Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Desa/Kecamatan Balapulang, Kabupaten Tegal memberi vaksi ayam warga.

Ayam warga yang diberi vaksi tersebut merupakan ayam bantuan Program Day Old Chiken (DOC). Program tersebut adalah program penyaluran anak ayam yang baru menetas kepada rumah tangga miskin dari Pemerintah Daerah Kabupaten Tegal.

Anak ayam yang disalurkan tersebut sebanyak 450 ekor untuk 104 rumah tangga miskin. “Masing-masing rumah tangga miskin mendapat 50 ekor anak ayam,” kata Koordinator KKN Undip Kecamatan Balapulang, Handoko Wibisono.

Ia menambahkan, vaksin yang diberikan adalah vaksin Gumboro B. Vaksin ini berguna untuk mencegah anak ayam terinfeksi virus dan terkena penyakit Gumboro.

“Vaksin ini diberikan kepada anak ayam yang berusia 3 minggu,” kata mahasiswa. Gumboro sendiri, tambahnya, menghambat pertumbuhan anak ayam.

Pemberian vaksin Gumboro dilakukan dengan meneteskan pada mulut anak ayam. Kegiatan ini didampingi oleh Sukirman, selaku penangggungjawab vaksinasi. (*)

Baca juga

Tulis komentar dibawah ini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Open chat
Powered by