Mantan kepala desa Legok Bantarkawung ditahan Kejari

Mantan kepala desa Legok Bantarkawung ditahan Kejari

BREBES Seorang mantan kepala desa Legok Bantarkawung ditahan Kejari Brebes. Ia disangka melakukan tindak pidana korupsi dana desa dengan kerugian negara sebesar Rp.343 juta.

Kasus yang menimpa mantan Kepala Desa (Kades) Legok, Kecamatan Bantarkawung, Legiman (46) tersebut sebelumnya ditangani Unit Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Satreskrim Polres Brebes. Kasus tersebut kemudian dilimpahkan ke Kejaksaan Negeri (Kejari) Brebes.

Setelah di limpahkan ke Kejari Brebes, Legiman langsung ditahan.

Istri dan anggota keluarga lainya sempat menangis saat Legimn hendak ditahan. Mereka meminta kejaksaan tidak menahan mantan kades tersebut.

Meskipun ada permintaan dari anggota keluarga, namun penahanan tetap dilakukan. Legiman dititipkan di Lapas Brebes sambil menunggu proses persidangan di Pengadilan Negeri Tipikor Semarang.

Kapolres Brebes AKBP Gator Yulianto mengatakan, kasus tindak pidana korupsi tersebut berawal dari laporan masyarakat. Berdasarkan laporan tersebut pihaknya melakukan penyelidikan hingga pemeriksaan sejumlah saksi.

“Dana Desa yang dikorupsi tersebut merupakan dana desa tahun 2018,” kata Gatot.

Barang bukti yang disita dari tersangka yakni proposan pengajuan pencairan dana desa tahun 2018, bukti audit dari inspektorat Kabupaten Brebes, laporan pertanggungjawaban pengelolaan dana desa, dan beberapa bukti lainya.

Terpisah, Kasipdsus Kejari Brebes, Sunarto mengatakan, dana desa tahun 2018 Desa Legok total mencapai Rp.1,2 miliar untuk mendanai 16 kegiatan.

Diduga, ada 8 kegiatan pemberdayaan masyarakay yang dilaksanakan secara sendirian dan tidak melibatkan TKP yang telah dibentuk.

“Beberapa kegiatan atau pekerjaan pembangunan desa tidak selesai dilaksanakan,” kata Sunarto. Ia menambahkan, uang tersebut diduga digunakan untuk kepentingan pribadi.

Atas perbuatan pelaku, ancaman hukuman minimal 4 tahun dan maksimal 20 tahun serta denda minimal Rp400 juta dan maksimal Rp.1 miliar sesuai dengan pasal 2 ayat 1 undang-undang nomor 31 tahun 1999 yang diubah menjadi undang-undang nomor 20 tahun 2001 tentanf pemberantasan tindak pidana korupsi. (3-H)

Judul berita ditas: Mantan kepala desa Legok Bantarkawung ditahan Kejari

Baca juga

Tulis komentar dibawah ini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Open chat
Powered by