Nama Kali Bacin Diminta Diganti
Setelah Normalisasi Selesai

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo didampingi Walikota dan Wakil Walikota Tegal menuju Kali Bacin sambil membawa payung. (Foto: Cahyo Nugroho)

PortalPantura.com, Tegal – Masalah pendangkalan Kali Bacin yang melintas di Kelurahan Tegal Sari, Kota Tegal akan ditangani Pemkot Tegal dibantu Pemprov dan Pemerintah Pusat. Setelah selesai, nama Kali Bacin diminta diganti menjadi Kali Wangi.

Permintaan pergantian nama tersebut dilakukan oleh Ganjar saat melakukan kunjungan kerja ke Kota Tegal, Selasa (07/01/2020).

Orang nomor satu di Jawa Tengah ini mengatakan, akan lebih elok jika Kali Bacin diganti dengan Kali Wangi. “Saya berpesan kepada masyarakat di sekitar sungai untuk menjaga kebersihan sungai dan bantaranya,” pinta Ganjar.

Soal pendagkalan Kali Bacin, Ganjar mengatakan, solusi normalisasi Kali Bacin yakni dengan bergotonng-royong antara pemerintah Kota Tegal, provinsi, dan pusat.

“Solusinya, Pemkot diminta untuk membantu membuatkan design-nya, syukur-syukur sampai DED, tapi, kalau bisa ya sekaligus pengerukan sampai kemudian GT ditata”ujar Ganjar.

Menurut Ganjar Pranowo dengan diketahui kebutuhan anggarannya, nanti bisa diselesaikan dengan cara bergotong-royong, berapa anggaran yang di tanggung oleh Pemerintah Kota Tegal dan berapa yang ditanggung oleh Pemerintah Provinsi. Tak hanya itu Ganjar juga berjanji akan membicarakan hal tersebut dengan Pemerintah Pusat, agar mendapatkan bantuan anggaran dari Pemerintah Pusat.

Ketua Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) kota Tegal Riswanto menuturkan jalur Kali Bacin ini dilalui oleh sekitar 40an kapal nelayan, jika jalur tersebut sudah di normalisasi dan bisa digunakan lagi, Ia berharap bisa membantu memudahkan nelayan tradisonal kota Tegal untuk melaut. (*)

Recommended For You

Tulis komentar dibawah ini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Open chat
Powered by