Pegiat Pemekaran Brebes Selatan Salurkan Bantuan Air Bersih

PortalPantura.com, Brebes – Meskipun di sejumlah daerah telah turun hujan, namun di sejumlah daerah masih kekurangan air seperti di Desa Kalijurang, dan Galuh Timur Kecamatan Tonjong. Kondisi ini membuat pegiat pemekaran Brebes Selatan tergerak hatinya untuk menyalurkan bantuan air bersih. Bantuan tersebut dilakukan pada Sabtu (9/11/2019).

Dengan menggunakan tangki para pegiat pemekaran Brebes selatan datang ke Dukuh Karanganyar, Desa Kalijurang untuk menyalurkan air bersih. Mereka disambut antusias warga yang telah menunggu kedatangan tangki pembawa air bersih yang sangat dibutuhkan tersebut.

Tempat-tempat air milik warga seperti ember, galon, dan bak dijejer rapi menunggu giliran diisi air oleh petugas.

Dengan memakai baju berwarna hitam, para pegiat pemekaran satu persatu mengisi tempat air milik warga yang akan digunakan untuk keperluan sehari-hari seperti mencuci dan memasak, dan membuat air minum.

Fatonah (53), salah seorang warga di Dukuh Karanganyar mengaku senang dengan bantuan air bersih yang disalurkan oleh pegiat pemekaran Brebes Selatan tersebut. “Kalau sehari-hari saya harus keluar rumah untuk mencari air hanya untuk sekedar buat minum maupun memasak,” tuturnya.

Kekeringan tahun ini, tutur Fatonah, membuat sumber-sumber air seperti sumur dan sungai mengering. Ia dan warga lainya kesulitan mendapatkan air bersih untuk keperluan sehari-hari. Dengan adanya bantuan air bersih dari berbagai pihak meringankan bebanya dan warga lainya dalam mendapatkan air bersih.

Salah seorang pegiat pemekaran Brebes Selatan, Masrukhi megatakan, bantuan air bersih yang dilakukan para pegiat adalah semata-mata untuk kemanusiaan. “Bantuan air bersih ini juga dilakukan dalam rangka Maulid Nabi Muhammad SAW,” ungkapnya.

Selain Desa Kalijurang, penyaluran air bersih juga dilakukan di Desa Galuh Timur, Kecamatan Tonjong. Di desa tersebut beberapa perdukuhan seperti Dukuh Tengah, Dukuh Tiong, Makam Dawa, dan Kutabasa sebagian warganya masih mengalami kesulitan air bersih sehingga perlu bantuan dari berbagai pihak yang peduli dengan masalah tersebut. (*)

Recommended For You

Tulis komentar dibawah ini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Open chat
Powered by