Pembangunan Jembatan Plompong Dilanjutkan Tahun Depan

PortalPantura.com, Brebes – Pembangunan jembatan Plompong yang membentang diatas sungai Keruh yang akan menghubungkan Desa Plompong dengan Desa Kaliloka akan dilanjutkan tahun depan atau tahun 2020. Untuk sementara pembangunan baru pada tahap pondasi.

Kepala Bidang (Kabid) Cipta Karya Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kabupaten Brebes, Dani Asmoro mengatakan, pembangunan jembatan Plompong dilakukan secara bertahap dan multi year.

“Pengerjaan jembatan pada tahap pembuatan pondasi dan akan selesai tepat waktu,” kata Dani.

Pembangunan pondasi jembatan terkendala dengan mobilisasi alat berat sehingga ada perubahan disain yang semula menggunakan pondasi boorpile dirubah menjadi pondasi biasa.

“Perubahan desain ini berdasarkan kajian geologi dari Universitas Jendral Sudirman,” ungkap Dani.

Pada tahun 2020 mendatang, akan dilaksanakan pengerjaan bentang jembatan dengan dana sebesar Rp12 miliar yang bersumber dari Pemerintah Kabupaten Brebes sebesar Rp2 miliar dan dari Pemerintah Provinsi sebesar Rp10 miliar. Namun, bantuan dari provinsi masih diupayakan.

Sementara Ketua Komisi 3 DPRD Kabupaten Brebes Achmad Mafrukhi SE mengatakan, jembatan Plompong sangat penting keberadaanya karena menyangkut hajat hidup orang banyak dan menjadi vital.

Putusnya jembatan yang melintang diatas sungai Keruh tersebut beberapa waktu membuat masyarakat kesulitan dalam mobilitas dan aktifitasnya, sehingga pembanguna jembatan Plompong harus selesai tepat waktu.

“Pembangunan pondasi jembatan sudah 99 persen dan akan selesai dalam beberapa hari,” kata Mafrukhi. (*)

Baca juga

Tulis komentar dibawah ini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Open chat
Powered by