Pengembangan Potensi Desa Tergantung Kepala Desa

Pengembangan Potensi Desa Tergantung Kepala Desa

BREBES Pengembangan potensi desa tergantung kepala desa. Apakah bisa menggali potensi tersebut atau tidak. Jika potensi yang ada tidak bisa digali, maka pembangunan akan stagnan.

“Insya Alloh temen-temen kepala desa bisa menggali potensi di desanya,” kata Ketua Komisi II DPRD Kabupaten Brebes, Nasikun, Senin (10/02/2020) usai menghadiri Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tingkat Kecamatan Bumiayu di aula kecamatan setempat.

Politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) ini menyebut, potensi di desa-desa sebenarnya banyak sekali. Namun demikian, potensi tersebut bisa digali apa tidak oleh kepala desanya. Potensi-potensi yang ada tersebut kemudian direncanakan untuk dikembangkan melalui musrenbang.

Dengan menggali potensi-potensi di desa maka diharapkan bisa menguatkan ekonomi masyarakat desa itu sendiri.

Nasikun menginginkan dalam musrenbang tidak hanya usulan-usulan berupa pembangunan fisik tetapi mengarah pada penguatan ekonomi masyarakat.

“Mungkin hanya masalah miss komunikasi saja, sehingga usulan dalam musrenbang tidak terkait penguatan ekonomi dan lebih dominan masalah fisik,” ucap Nasikun.

Prioritas Pembangunan Kecamatan Bumiayu

Sementara, dalam musrenbang tingkat Kecamatan Bumiayu sendiri kegiatan yang menjadi skala prioritas yaitu pembangunan jembatan penghubung Langkap-Kalierang, pembangunan jalan penghubung Pruwatan-Kedungoleng, pembangunan ruas jalan Maribaya, pembangunan jembatan penghubung Dukuh Turi-Kalierang, pembangunan jemmbatan penghubung Adisana-Penggarutan, penerangan jalan, dan SLB Mutiara Hati. (Yd)

Baca juga

Tulis komentar dibawah ini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Open chat
Powered by