Pengurusan Umroh dan Haji Semakin Mudah

PortalPantura.com, Brebes – Pengurusan umoh dan haji di Kabupaten Brebes semakin mudah seiring dengan telah dibukanya Pusat Layanan Haji dan Umroh Terpadu (PLHUT) di Kabupaten Brebes. Pusat pelayanan tersebut berada di area kantor Kementerian Agama (Kemenag) Brebes Jalan Ahmad Yani 138 Brebes.

Bupati Brebes Hj Idza Priyanti SE MH mengatakan, dengan adanya PLHUT di Brebes merupakan komitmen pemerintah lintas sektoral dalam mempercepat pelayanan kepada masyarakat.

“PLHUT, wujud nyata reformasi birokrasi. Seperti halnya Unit Pelayanan Terpatu Satu Pintu (PTSP) yang telah gencar dibangun,” ucap Idza saat Tasyakuran Operasional Gedung PLHUT dan Pentasharufan UPZ, di Aula PLHUT, Senin (23/12/2019).

Menurut Idza, Kabupaten Brebes dengan wilayahnya yang luas, harus mempunyai layanan yang terkoneksi hingga tingkat kecamatan. Seperti Kantor Kemenag Brebes yang sudah memiliki unit PTSP dan PLHUT ini.

“Apa lagi, calon jemaah haji di Brebes setiap tahunnya mencapai seribuan lebih, dan usia mereka kebanyakan di atas 50-an tahun. Artinya, PLHUT sangat membantu mereka, mulai pendaftaran hingga urusan lainnya,” terang Idza.

Idza berharap, tidak hanya memudahkan, tetapi PLHUT dapat memberikan segala informasi terkait haji dan umrah kepada masyarakat.

Idza juga menginformasikan bahwa Kantor Keimigrasian sudah ada di Kabupaten Brebes, tepatnya di jalan Jenderal Sudirman Brebes. Masyarakat Brebes maupun daerah sekitar bisa langsung dilayani Paspor dan dokumentasi keimigrasian lainnya cukup di Brebes. Termasuk bagi masyarakat yang mau pergi haji dan umrah, bisa membuat paspor dan visa di kantor keimigrasian Brebes.

Kepala Kantor Kemenag Brebes H Mahrus mengatakan, Gedung PLHUT dibangun berdasarkan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) Kantor Kemenag Brebes pada seksi penyelenggaraan haji dan umrah, yang berasal dari alokasi dana Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) 2019 sekitar Rp 1,9 Milyar.

“Alhamdulillah Gedung PLHUT sudah terwujud pembangunan ini, mudah-mudahan sesuai tujuan yaitu mempercepat dan mempermudah layanan kepada masyarakat terkait haji dan umrah,” kata Mahrus.

Dijelaskan Mahrus, untuk mengurus pendaftaran hingga pembayaran bisa di PLHUT termasuk pembatalan pemberangkatan. Selain itu PLHUT juga menyiapkan studio foto, untuk mengatasi pendaftar yang terkendala kelengkapan foto. Sehingga warga tidak pergi keluar hanya sekadar untuk foto.

“Pendaftar juga bisa foto dan langsung cetak untuk keperluan administrasi di sini,” ucapnya.

Mahrus menambahkan, pembangunan PLHUT ini merupakan salah satu dari 16 PLHUT se Indonesia, kalau di Provinsi Jawa Tengah baru ada 4. Di antaranya Kota Semarang, Kabupaten Banyumas, Kabupaten Tegal, dan Kabupaten Brebes.

“Karenanya kita patut bersyukur Kabupaten Brebes telah memiliki layanan yang dapat memberikan kemudahan bagi calon jamaah haji dan umrah,” pungkasnya. (hmsbbs)

Recommended For You

Tulis komentar dibawah ini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Open chat
Powered by