Persediaan Darah PMI Brebes Minipis
Golongan Darah "O" Paling Sedikit

DONOR DARAH - Karyawan RSUD Bumiayu sedang mendonorkan darahnya, Sabtu (11/01/2020). (Foto: Yudhi Prasetyo).

PORTALPANTURA.COM, BREBES:

Libur Sekolah, Natal dan Tahun Baru membuat stok darah di Palang Merah Indonesia (PMI) Brebes menipis. Persediaan paling sedikit pada golongan darah O. Kondisi tersebut karena sejauh ini pendonor aktif adalah anak-anak maupun guru sekolah.

Permintaan Darah Masih Bisa Dipenuhi

Ketua PMI Brebes Wahidin Soeja munturkan, Saat sekolah-sekolah libur, pendonor dari sekolah tidak mendonorkan darahnya ke PMI. Kondisi ini memicu berkurangnya persediaan darah. Padahal, pemitaan darah cukup banyak.

“Meskipun permintaan cukup banyak, namun PMI masih bisa mencukupinya,” kata Wahidin disela-sela kegiatan donor darah dalam rangka HUT Kabupaten Brebes ke-342 di RSUD Bumiayu, Sabtu (11/01/2020).

Wahidin yang juga wartawan senior ini mengatakan, darah merupakan kebutuhan mendesak bagi warga yang membutuhkan saat sedang dalam penanganan medis.

64 Orang Donorkan Darahnya

Sementara, dalam kegiatan donor darah di RSUD Bumiayu, sebanyak 64 orang mendonorkan darahnya melalui kegiatan ini. Dari catatan PMI Brebes pendonor yang memiliki golongan darah A sebanyak 9 orang. Untuk pendonor golongan B sebanyak 27 orang, golongan darah AB sebanyak 4 pendonor, dan pendonor yang memiliki golongan darah O sebanyak 24 orang.

“Berkat adanya pendonor, maka persediaan darah di PMI Brebes bertambah. Saya ucapkan terima kasih kepada para pendonor,” ucap Wahidin. (*)

Recommended For You

Tulis komentar dibawah ini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Open chat
Powered by