Petani Masih Enggan Tanam Padi Jenis Beras Hitam

PortalPantura.com, Brebes – Potensi beras hitam di Desa Mlayang, Kecamatan Sirampog sangat baik, namun banyak petani yang masih enggan menanam jenis padi tersebut. Hal ini karena umur padi yang panjang serta hasil panen yang tidak begitu banyak.

Kepala Desa Mlayang, Abdul Khafid (32) mengatakan, agar masyarakat di desanya mau menanam padi beras hitam, ia selalu mensosialisasikan kepada masyarakat agar mau menanam padi jenis tersebut.

“Irigasi di desa kami telah mampu mengairi lahan pertanian di 5 dukuh seperti Igir Tenjo, Mlayang Luhur, Kubang Gede, Karanganyar, Sandayoga, dan Mlayang,” kata Khafid dalam acara talk show di radio Singosasi Brebes, Rabu (11/12/2019). Irigasi tersebut, lanjut Khafid, dibangun dengan dana swadaya masyarakat.

Untuk menggiatkan tanam padi beras hitam, pemerintah desa Mlayang telah bekerja sama dengan Balai Penyuluh Pertanian (BPP) untuk menyediakan bibit padi beras hitam, namun dengan syarat telah memiliki lahan minimal 25 hektar.

Sementara Babinsa Desa Mlayang, Serda Annur Wahyudi dari Koramil 10 Sirampog Kodim 0713 Brebes mengatakan, dirinya membantu mmasyarakat dengan melakukan pendampingan pertanian, khususnya tanaman padi jenis beras hitam bersama Kepala Desa dengan harapan, Desa Mlayang menjadi salah satu desa penghasil beras hitam di kecamatan Sirampog.***

(pendim0713bbs/aan/yp01bma)

Baca juga

Tulis komentar dibawah ini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Open chat
Powered by