Pilkades dengan E-Voting di Brebes Batal

Sosialisati pilkades sistem e-voting

PortalPantura.com, Brebes – Meskipun telah disosialisasikan ke berbagai pihak, pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak tahap 2 2019 di Kabupaten Brebes batal dilaksanakan dan kembali dengan sistem manual. Pembatalan tersebut karena beberapa faktor.

Plt Kabag Pemerintahan Desa (Pemdes) Setda Brebes La Ode Vindar Aris Nugroho kepada awak media beberapa waktu lalu menuturkan, salah satu yang mempengaruhi pembatalan e-voting diantaranya kesiapan alat Sistem Informasi Desa (SID) yang dibutuhkan dalam e-voting Pilkades.

“Karena e-voting dibatalkan, maka pilkades dilakukan secara manual,” kata La Ode. Untuk jadwal pelaksanaanya sendiri yakni Rabu, 18 Desember 2019.

Terpisah, Bupati Brebes Hj Idza Priyanti SE MH mengatakan sebanyak 108 desa jabatan kepala desanya akan habis pada maret 2020 nanti, sehingga pelaksanaan pilkades tidak bisa ditunda lagi dan tetap harus berjalan.

“Pembatalan pilkades sistem e-voting tidak mempengaruhi proses pengadaan alat SID,” kata Bupati. Sebab, menurutnya, SID sangat dibutuhkan desa terkait pelayanan desa mandiri. Dengan alat tersebut, seluruh informasi desa akan terhubung dan teerintegrasi dengan kecamatan dan kabupaten.

Alat SID sendiri baru datang sebanyak 50 unit dan sisanya sebanyak 100 unit belum datang di Kabupaten Brebes. “Proses terus berjalan karena alat tersebut tidak hanya untuk e-voting saja tetapi untuk kepentingan yang lebih besar yakni pelayanan kepada masyarakat,” kata Idza.

(3-h)

Recommended For You

Tulis komentar dibawah ini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Open chat
Powered by