Pilkades Kembali ke Sistem Manual Disambut Gembira Cakades

PortalPantura.com, Brebes – Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) tahap 2 yang direncanakan menggunakan dengan sitem e-voting batal dilakukan dan kembali menggunakan cara manual.

Calon Kepala Desa (Cakades) Desa Paguyangan, Kecamatan Paguyangan yang juga calon petahana, Faqih Maulana menyambut baik dengan adanya Pilkades dengan sistem manual seperti pada pilkades sebelumnya.

“Sejak awal kami menginginkan pilkades dengan sistem manual,” kata Faqih.

Faqih menuturkan, dengan cara manual atau mencoblos, merupakan cara lama yang bertahun-tahun diterapkan pada setiap pilkades maupun pemilu, sehingga masyarakat lebih menyukai sistem tersebut.

Sebelumnya, Faqih tidak menginginkan rencana pilkades dengan sistem e-voting. Karena, dengan sistem tersebut dinilai akan mengalami kendala di lapangan saat diterapkan. Hal ini karena sistem tersebut termasuk baru bagi masyarakat desa, juga tidak semua warga desa mengerti dengan teknologi.

Banyaknya warga yang telah lanjut usia juga dinilai akan mempersulit pelaksanaan e-voting. Selain itu, banyak warga yang belum melakukan aktifasi KTP Elektronik sehingga tidak bisa memilih dalam pilkades.***

(yp-01bma)

Baca juga

Tulis komentar dibawah ini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Open chat
Powered by