Prajurit TNI Ikuti Uji Terampil Perorangan

Prajurit TNI Ikuti Uji Terampil Perorangan

BREBES Selama dua hari, ratusan prajurit TNI dari Kodim 0713 Brebes ikuti Uji Terampil Perorangan (UTP). Mereka mengikuti kegiatan tersebut mulai 05 Februari hingga 06 Februari 2020 di wilayah Kecamatan Bumiayu.

Pengendali dan Pengawas Latihan (Dalwaslat) yang juga Danramil 04 Tanjung merangkap Pasi Intel Kodim, Kapten Infanteri Yatno mengatakan, UTP Triwulan I 2020 ini sebagai momen untuk mengingatkan kembali bagi seorang prajurit tentang apa yang menjadi tugas dan fungsinya.

UTP sendiri digelar untuk menguji kemampuan perorangan yang dimiliki oleh masing-masing prajurit baik Bintara maupun Tamtama sesuai dengan pangkatnya, yaitu kecakapan 1-7 dari prajurit yang berpangkat Prada sampai dengan Pelda.

“Sesuai dengan pangkatnya, setiap prajurit Kodim Brebes diuji penguasaan tingkat kecakapan dari pengetahuan dan keterampilan umum seorang prajurit. UTP ini merupakan kegiatan lanjutan dari Latihan Perorangan Dasar (Latorsar),” imbuh Yatno.

Adapun latihan ini para prajurit harus menyelesaikan uji terampil di 10 pos. Sedangkan satu pos lagi dikhususkan hanya untuk prajurit intelijen/intel.

Tujuan UTP

“Tujuan utama latihan adalah agar setiap prajurit di semua tingkatan mampu melaksanakan tugasnya secara profesional dan proporsional,” pungkas Yatno.

Diketahui, pemeliharaan latihan ini merupakan salah satu bentuk pembinaan satuan sesuai dengan program dari Mabesad, sebagai pertanggungjawaban terhadap rakyat. (Aan)

Baca juga

Tulis komentar dibawah ini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Open chat
Powered by