Korban merasa pusing dan mual
Puluhan siswa sekolah diduga keracunan

Puluhan siswa sekolah diduga keracunan
OBSERVASI - Seorang siswa SD sedang mendapat penanganan medis dan observasi di Puskesmas Kutamendala Tonjong sebelum akhirnya diperbolehkan pulang. Foto: Yudhi Prasetyo.

BREBES Puluhan siswa sekolah diduga keracunan setelah membeli jajan yang dijajakan di sekitar sekolah mereka. Setelah mengalami mual dan muntah, para siswa dilarikan ke Puskesmas Kutamendala Tonjong, Sabtu (07/03/2020). Siswa yang dilarikan ke Puskesmas tersebut berasal dari SD Negeri 01 Kutayu da TK Pertiwi Desa Kutayu, Kecamatan Tonjong.

Selain anak-anak sekolah, korban dugaan keracunan juga terdapat 5 orang dewasa dan 1 ibu hamil. Total 39 anak yang dilarikan ke Puskesmas Kutamendala.

Kepala Puskesmas Kutamendala Edi Purwanto SKep MKes mengatakan, anak-anak dibawa ke Puskesmas Kutamendala pada siang hari sekitar pukul 13.30 WIB. Saat dibawa ke puskesmas kondisi mereka lemas dan mengeluh pusing. Sebagian anak-anak ada yang muntah.

“Mereka tidak datang sekaligus kesini,” kata Edi. Ia juga mengatakan, sampel makanan juga sudah dikirim untuk diteliti di Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda).

Anak-anak maupun orang yang datang ke Puskesmas Kutamendala kemudian dilakukan penanganan medis. Setelah mendapat penanganan medis mereka diperbolehkan pulang dan berobat jalan. “Ada dua pasien yang observasi. Namun malam ini sudah bisa pulang,” tutur Edi.

Menurut salah satu orang tua korban, Uripah (62), anaknya setelah pulang sekolah sekitar pukul 12.00 WIB dan hendak makan siang mengaluh pusing dan mual. Setelah masuk ke dalam kamar mandi si anak muntah.

“Awalnya saya bawa ke bidan desa, namun tidak menanggung sehingga saya bawa ke sini (Puskesmas Kutamendala),” tutur Uripah.

Uripah mengungkapkan, awalnya anaknya tersebut tidak mau mengaku jajan apa di sekolah, namun akhirnya mengaku telah membeli jajan pada pedagang keliling yang biasa mangkal di dekat sekolah sekitar pukul 09.00 WIB.

“Anak saya malam ini juga bisa pulang setelah infus habis,” ucap Uripah. (*)

Judul berita diatas: Puluhan siswa sekolah diduga keracunan

Baca juga

Tulis komentar dibawah ini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Open chat
Powered by