TEGAL Revitalisasi Taman Pancasila Kota Tegal segera dilakukan menunggu ground breaking (pelatakan batu pertama) yang akan dilakukan Pemerintah Kota Tegal dangan PT Kereta Api Indonesia (KAI).

Selain revitalisasi Taman Pancasila, Pemerintah Kota Tegal juga berencana menata kawasan permukiman kumuh di sepanjang bantaran Saluran / Sungai Siwatu yang berada di Kelurahan Tegalsari. Untuk mewjudkan rencana-rencana tersebut, Pemkot berupaya menggandeng berbagai pihak, termasuk pemerintah pusat.

Pemaparan rencana Pemkot Tegal telah dilakukan di Balai Prasarana Permukiman Wilayah 2 Provinsi Jawa Tengah Direktorat Jendral Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat di Semarang. (05/02/2020) kemarin.

“Diharapkan, Kementerian PUPR agar dapat memberikan bantuan dari World Bank sebagai pembiayaan Revitalisi kawasan kumuh Pesisir Barat Kota Tegal Segmen Siwatu,” kata Wakil Walikota Tegal, Muhamad Jumadi ST MM.

Direncanakan, ungkap Jumadi, Pemkot juga akan melakukan paparan di KemenPUPR Kantor Wilayah Jawa Tengah, pihaknya juga akan melakukan paparan serupa di Kantor Pusat KemenPUPR di Jakarta pekan depan.

Jumadi berharap, berharap dengan  rencana tersebut, kawasan pesisir barat Kota Tegal utamanya pada Segmen Siwatu Tegalsari tidak lagi menjadi kawasan kumuh, namun dapat menjadi salah satu kawasan yang terintegrasi antara Kolam Retensi dan Taman Tegalsari yang saat ini sudah ada.

Ruang Terbuka Hijau

Nantinya, dilokasi tersebut selain akan dilakukan revitalisasi bantaran Saluran/ Sungai Siwatu juga akan ada Pembangunan Ruang Terbuka Hijau berupa taman yang dilengkapi dengan Pasar Apung (Floating Market) dalam satu kawasan.

“Tentu kita semua berharap kedepan kawasan tersebut dapat menjadi destinasi wisata baru bagi warga Kota Tegal maupun luar kota untuk melepas penat dan berekreasi,” katanya. Karena itu, Jumadi meminta dukungan dari seluruh masyarakat Kota Tegal agar semua rencana pembangunan di Kota Tegal dapat dengan baik.

Adapun Endra Bekti Nusantara,ST. selaku Kepala Satuan Kerja Pelaksanaan Prasarana Permukiman Wilayah 2 Provinsi Jawa Tengah Ditjen Cipta Karya KEMENPUPR yang menerima langsung rombongan Pemkot Tegal menyatakan dukungannya terhadap program yang direncanakan Pemkot Tegal. Pihaknya bahkan meminta agar Pemkot Tegal menyiapkan secara matang segala dokumen serta kelengkapan yang dibutuhkan sebelum melakukan paparan di Kantor Kementerian PUPR pusat di Jakarta. “Sajikan informasi dengan jelas, termasuk isu atau alasan utama kenapa kawasan tersebut harus dibangun serta dampaknya kedepan,” pesannya. (Ch/Yd)

Leave a Reply

  • (not be published)