BREBES Sampai Kamis (26/03/2020), RSUD Bumiayu tangani 4 PDP terduga terinfeksi virus corona. Namun, 1 orang telah dinyatakan sehat, sementara 3 orang lainya masih berstatus Pasien Dalam Pemantauan (PDP).

Direktur RSUD Bumiayu, Zunan Arif Budi S mengatakan, pasien yang diisolasi di RSUD Bumiayu tersebut mengeluh sesak nafas dan memiliki riwayat pernah berada di luar kota.

Sementara, sebagai rumah sakit rujukan penanganan corona lini 3, RSUD Bumiayu telah memiliki 2 ruang isolasi yang jauh dari kamar pasien umum sehingga aman.

“Kami juga sedang membuat 2 ruang isolasi untuk menambah kapasitas PDP. Jadi nanti kita punya 4 kamar isolasi,” tutur Zunan, Kamis (26/03/2020) di ruang kerjanya.

Penambahan ruang isolasi ini karena sebelumnya RSUD Bumiayu tidak disiapkan untuk rujukan penyakit corona, namun karena sekarang semua rumah sakit menjadi rujukan maka mau tidak mau RSUD Bumiayu harus menyediakan ruang isolasi.

Meskipun RSUD Bumiayu merawat PDP terduga corona, namun pasien umum tidak perlu khawatir tertular karena ruang isolasi jauh dari kamar pasien umum serta dalam penanganan pasien juga telah memenuhi Standar Operasional Pelayanan (SOP).

Untuk menghindari pasien tertular virus corona dari luar, RSUD Bumiayu juga melarang anggota keluarga maupun kerabat untuk menjenguk pasien.

Karena telah menjadi rumah sakit rujukan pesien corona, RSUD Bumiayu harus menyediakan Alat Perlengkapan Diri (APD) bagi tenaga medis yang menangani pasien tersebut. Namun, tutur Zunan, APD yang dimiliki terbatas.

“Untuk mengakali kelangkaan APD, kami buat APD sendiri,” kata Zunan.

Diharapkan dengan penanganan yang serius dan tepat, pasien PDP bisa sembuh dan tida ada lagi pasien terduga corona. (Yd)

Judul berita diatas: RSUD Bumiayu tangani 4 PDP terduga terinfeksi virus corona

Leave a Reply

  • (not be published)