BREBES  – Ruas jalan di Kecamatan Bantarkawung terancam putus akibat curah hujan tinggi yang mengguyur wilayah tersebut, Senin (03/02/2020). Hujan mengakibatkan tebing di sisi jalan longsor.

Satgas Penanggulangan Bencana Badan Penaggulangan Bencana (PB BPBD) Kabupaten Brebes wilayah selatan, Budi Sujatmiko mengatakan, longsor terjadi pukul 13.00 WIB di ruas Kebandungan-Cikamuning. Longsor membawa bahu jalan sepanjang 15 meter sedangkan tinggi tebing enam meter. “Tebing jalan ini bersebelahan dengan sungai Pemali,” kata Budi.

Camat Bantarkawung, Eko Supriyanto mengatakan, penanganan perlu segera dilakukan, karena jika tidak segera ditangani bisa mengancam ruas jalan. “Jika jalan putus, maka warga kami bisa terisolir,” katanya.

Akibat kejadian ini, lanjut Eko, arus kendaraan roda empat dan dua harus berhati-hati ketika melintas di titik longsor.

Kepala Desa Kebandungan, Warsid mengatakan, untuk mencegah longsor susulan terjadi, pihaknya bersama dengan warga desa melakukan penanganan darurat yang dibantu TNI dan BPBD Kabupaten Brebes berupa pemasangan patok bamboo dan menumpuk karung berisi tanah sebagai penguat tebing yang longsor. (Yd)

Leave a Reply

  • (not be published)