Tampah Jadi Media Seni Lukis

PortalPantura.com, Brebes – Dewan Kesenian Kabupaten Brebes menggelar Workshop dan lomba seni lukis tampah di pendopo eks Kawedanan Bumiayu, Rabu (11/12/2019).

Ketua Dewan Kesenian Kabupaten Brebes, H Wijanarto mengatakan, wordshop dan lomba lukis ini sebagai wilayah atau tempat untuk mengespresikan para siswa dalam bidang seni, terutama seni lukis. Seni lukis tidak hanya melulu aspek estetika saja tetapi ada nilai-nilai karakter di dalamnya.

“Didalam seni bisa digali prinsip kebersamaan dan human interset dalam mengesplorasi sebuah karya,” kata Wijan usai membuka workshop dan lomba seni lukis di Pendopo eks Kawedanan Bumiayu.

Diharapkan dengan acara workshop dan lomba seni lukis ini kesenian di Kabupaten Brebes semakin berkembang dan menghasilkan karya yang diharapkan.

Ketua Dewan Kesenian Kabupaten Brebes Wilayah Selatan Haris Agep Zulfikar mengatakan, peserta workshop dan lomba seni lukis tampah ini diikuti oleh 60 pelajar SMA/SMK se Brebes wilayah selatan.

“Pemilihan tampah ini sebagai gambaran bahwa ditengah-tengah masyarakat banyak pengrajin anyaman bambu yang dijadikan media seni terapan,” kata Agep. Dengan digunakanya tampah ini bisa dikatakan sebagai karya seni murni.

Sebelum peserta memulai melukis, peserta dibekali dengan teknik pewarnaan pada lukisan agar menghasilkan karya seni yang baik dan bisa dinikmati. Peserta yang keluar sebagai juara diberikan tropi dan uang pembinaan sebesar Rp700 ribu untuk juara pertama. Untuk juara 2 diberikan tropi dan uang pembinaan sebesar Rp600 ribu. Dan untuk juara tiga diberikan tropi dan uang pembinaan sebesar Rp500 ribu. Sedangkan untuk juara harapan 1, 2, dan 3 diberikan tropi dan uang pembinaan sebesar Rp200 ribu.***

(yp01bma)

Recommended For You

Tulis komentar dibawah ini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Open chat
Powered by