PortalPantura.com, Brebes – Dinding sebuah rumah di Kecamatan Tonjong, Brebes amblas akibat pondasi bangunan tergerus air hujan, Jumat (03/02/2020). Peristiwa yang terjadi menjelang waktu sholat maghrib tersebut mengagetkan pemilik rumah. Beruntung, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu.

Rumah yang temboknya mengalami amblas berada di Dukuh Kaliaru RT 03 RW 05, Desa Galuh Timur, Kecamatan Tonjong, Brebes. Pemilik rumah, Suhimi (68) tidak menyangka tembok rumahnya amblas. Namun, ia merasa beruntung karena selamat dalam peristiwa tersebut.

Komandan Satgas Penanggulangan Bencana BPBD Kabupaten Brebes, Budi Sujatmiko mengatakan, tembok yang amblas karena pondasi tembok terkikis air hujan. Memang, sebelum peristiwa terjadi hujan dengan intensitas sedang turun selama satu setengah jam mulai pukul 13.00 WIB hingga 14.30 WIB.

“Tembok yang amblas sepanjang 10 meter dan tinggi tembok 3 meter,” kata Budi.

Kondisi tembok yang masih menggantung, tutur Budi, bisa membahayakan penghuni rumah. Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, Satgas PB BPBD dan warga merobohkan tembok tersebut.

Tembok rumah di bagian lain yang retak-retak juga dianggap berbahaya sehingga penghuni rumah diminta untuk meninggalkan rumah terutama saat hujan deras turun.

Sementara di Kecamatan Bantarkawung, sebuah rumah di Desa RT 01 RW 01 rusak tertimpa longsor. Kejadian ini terjadi pada pukul 03.00 WIB. Dalam kejadian ini tidak dilaporkan adanya korban jiwa. (*)

Leave a Reply

  • (not be published)