PortalPantura.com, Brebes – Dua rumah di Desa Waru RT 03 RW 04 Kecamatan Bantarkawung, Brebes ambrol akibat tanak bergerak, Kamis (2/1/2020). Dalam kejadian ini tidak dilaporkan adanya korban jiwa, namun pemilik rumah diperkirakan menderita kerugian puluhan juta rupiah.

Kondisi tembok rumah milik Sarkon dan Daskun terlihat terbuka setelah ambrol pada salah satu sisinya.Tembok yang ambrol tersebut berada pada bagian dapur. Akibatnya perabotan yang ada didalamnya rusak.

Komandan Satgas Penanggulangan Bencana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (PB BPBD) Kabupaten Brebes, Budi Sujatmiko mengatakan, kejadian ambruknya tembok rumah tersebut setelah hujan lebat turun.

“Curah hujan dengan intensitas tinggi terjadi mulai pukul 15.00 WIB hingga tengah malam,” tutur Budi.

Budi mengungkapkan, tanah bergerak merobohkan tembok salah satu rumah dan menimpa rumah lainya karena jaraknya berdekatan. Penghuni rumah berhamburan keluar menyelamatkan diri sehingga tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu. Namun, salah seorang penghuni mengalami luka ringan.

Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, seluruh penghuni rumah terpaksa mengungsi ke rumah keluarga yang dinilai masih aman.

Tim PB BPBD pos Bumiayu meluncur ke lokasi kejadian setelah mendapat laporan dari warga. Tim kemudian melakukan penanganan darurat seperti menutup rekahan tanah dan saluran air untuk mencegak pergerakan tanah yang lebih besar lagi. Relawan juga membantu membersihkan puing-puing reruntuhan tembok. (*)

Leave a Reply

  • (not be published)