Tembok Sebuah Rumah di Tonjong Abrol
Rapuh Dimakan Usia

ISTIMEWA - Personil PB BPBD Kabupaten Brebes membantu pemilik rumah membersihkan material tembok yang ambrol di rumah milik Saeful Aziz di Dukuh Barupring, Desa Linggapura, Kecamatan Tonjong, Brebes.

PortalPantura.com, Brebes – Tembok sebuah rumah di Kecamatan Tonjong ambrol, Jumat (03/01/2020) dini hari. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu, namun pemilik rumah diperkirakan menderita kerugian Rp10 juta.

Ruang tengah rumah milik Saeful Aziz di Dukuh Barupring RT 03 RW 09 Desa Linggapura, Kecamatan Tonjong, Brebes ini terlihat dari luar. Tembok atau dinding rumah tersebut ambrol pada Jumat sekitar pukul 01.30 WIB. Abrolnya tembok tersebut diduga karena telah rapuh dimakan usia.

Informasi yang didapat menyebut, pada Kamis (02/01/2020) terjadi hujan dengan intensitas sedang mulai pukul 15.00 WIB sampai dengan pukul 19.00 WIB. Saat salah seorang penghuni rumah sedang bersantai terdengar suara retakan dari dalam rumah. Saat dilakukan pengecekan pemilik rumah mendapati tembok bagian tengah rumahnya sudah melembung, akhirnya pada Jumat dini hari tembok tersebut ambrol.

“Tembok yang ambrol sisi kiri rumah,” kata tetangga pemilik rumah, Sutomo (57). Tembok yang ambrol tersebut mengarah ke bagian dalam rumah.

Dalam peristiwa tersebut, tutur Sutomo, tidak ada korban jiwa karena di dalam rumah hanya ada satu orang saja.

Komandan Satgas Penanggulangan Bencana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (PB BPBD) Brebes, Budi Sujatmiko membenarkan kejadian tersebut. Ia bersama timnya datang kelokasi itu untuk mekukan assesment dan membantu pemilik rumah memberisihkan puing-puing tembok yang ambrol.

Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan penghuni rumah mengungsi ke rumah sanak saudara terdekat untuk sementara waktu.

“Kami juga menghimbau kepada pemilik rumah untuk tidak berada di dalam rumah terutama saau hujan datang mengingat kondisi rumah berbahaya dan tembok lainya mengalami retak-retak,” imbau Budi.

Sementara, untuk meringankan beban pemilik rumah, Pemernitah Desa Linggapura menyerahkan bantuan uang tunai sebesar Rp2,5 juta. “Bantuan ini diharapkan dapat bermanfaat meskipun nilainya tidak seberapa,” kata Sekretaris Desa Linggapura, Asep Supriyono. (*)

Recommended For You

Tulis komentar dibawah ini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Open chat
Powered by