PortalPantura.com, Brebes – Tiga dalang memukau warga Desa Wanatirta, Kecamatan Paguyangan, Kamis (7/11/2019) malam di lapangan desa setempat. Mereka memainkan wayang secara bersama-sama dalam rangka Hari Wayang Nasinoal 2019.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Brebes, Diding Setiadi mengatakan, pagelaran wayang kulit ini dalam rangka Hari Wayang Nasional yang diselenggarakan Dinas Pariwisata Kabupaten Brebes bekerja sama dengan Persatuan Paguyuban Dalang Indonesia (Pepadi) dan Pemerintah Desa Wanatirta.

“Malam ini adalah hari spesial karena memperingati Hari Wayang Nasional,” kata Diding. Hari Wayang Nasional sendiri ditetapkan Presiden Joko Widodo melalui Keputusan Presiden nomor 30 tahun 2018.

Wayang, lanjut Diding, merupakan aset berharga bangsa. Wayang bukan hanya seni dan budaya, tetapi juga menjadi penumbuh karakter dan jati diri bangsa.

“Unesco sendiri telah memasukan wayang sebagai representative budaya bukan benda warisan manusia pada 7 November 2017 lalu,” ungkap Diding. Ia menuturkan, Kenyataan ini menunjukan bahwa wayang telah diakui keberadaanya di dunia internasional setelah batik dan keris.

Bupati Brebes Hj Idza Priyanti SE MH yang ukut menonton pagelaran tiga wayang tersebut, berharap wayang selalu dilestarikan dan memperkenalkanya kepada generasi muda.

Sementara, sebelum digelar wayang kulit tiga dalang dilakukan pertunjukan tari kolosal yang diberi judul ‘Arum Kuncaring Bangsa Dumunung Ing Budaya Wanatirta’. Tari tersebut menceritakan adat dan budaya yang ada di Desa Wanatirta.

“Sutradara tari oleh Ki Dalang Suwarto, sementara naskah ditulis oleh H Muflikhin,” kata Kepala Desa Wanatirta, Lukman Hakim. (*)

Leave a Reply

  • (not be published)