Usai Makan Bubur, Warga di Kecamatan Bantarkawung Keracunan

balita di bantarkawung brebes keracunan

PortalPantura.com, Brebes – Usai makan bubur, puluhan warga di Desa Bangbayang, Kecamatan Bantarkawung dilarikan ke puskesmas Bantarkawung. Mereka diduga keracunan usai memakan makanan tersebut.

Korban yang sebagian anak-anak tersebut hampir memenuhi seluruh ruang perawatan puskesmas Bantarkawung. Dari data yang diperoleh ada 19 anak-anak dan 3 orang dewasa. 5 diantaranya diperbolehkan pulang setelah mendapat pemeriksaan media. Mereka terdiri dari 1 orang ibu hamil, 2 orang laki-laki dewasa, dan 2 anak-anak. Sementara 1 orang lainya dikabarkan dirujuk ke rumah sakit di Bumiayu.

Bupati Brebes Hj Idza Priyanti SE MH dan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Brebes Sartono serta Camat Bantarkawung Eko Supriyanto menjenguk korban keracunan di Puskesmas Bantarkawung.

Dalam kunjunganya, Bupati menyatakan menggratiskan biaya pengobatan pasien keracunan tersebut. “Alhamdulillah semua korban sudah mulai membaik,” kata Idza.

Bupati meminta agar setiap makanan yang disajikan dalam Posyandu dites terlabih dahulu untuk memastikan layak atau tidak untuk dikonsumsi. Mengingat, korban keracunan yang dilarikan di Puskesmas Bantarkawung tersebut mengalami keracunan usai makan bubur pada giat Posyandu yang digelar di Balai Desa Bangbayang pada Sabtu (23/11/2019) lalu.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Brebes Sartono menuturkan, penyebab keracunan belum bisa dipastikan, namun ia menduga pemicu keracunan berasal dari bungkus bubur ayam yang dibagikan. Pasalnya, ada 173 orang yang mengkonsumsi bubur tersebut, namun yang mengalami muntah-muntah hanya 22 orang.

“Yang keracunan tidak sampai 50 persenya, sehingga kecenderunganya bukan berasal dari buburnya,” ungkap Sartono. Meskipun demikian, ia belum bisa memastikan penyebab keracunan tersebut.***

(yp-01bma/rza/pendim0713bbs)

Recommended For You

Tulis komentar dibawah ini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Open chat
Powered by