Warga Sirampog Dilatih Penanggulangan Bencana

PortalPantura.com, Brebes – Warga empat desa di Kecamatan Sirampog dilatih kesiapsiagaan penanggulangan bencana berbasis masyarakat, Rabu (6/11/2019) dilapangan Krida Taruna Desa setempat yang diprakarsai oleh Kementerian Sosial (Kemensos) RI.

“Dengan acara ini diharapkan warga memiliki kesiapsiagaan terhadap bencana,” kata Direktur Perlindungan Sosial Bencana Alam (PSKBA) Kemensos, Rachmat Koesnadi.

Simulasi ini melibatkan 250 personil yang terdiri dari relawan Tagana, Kokam, Banser, Linmas dan masyarakat lainnya. Dalam kegiatan tersebut disimulasikan terjadi tanah longsor. Relawan dengan sigap turun menyelamatkan warga.

Ditengah-tengah upaya penyelamatan warga terdampak longsor, terjadi kebakaran hebat . Pertolongan datang dengan mengerahkan mobil rescue serta mobil siaga.

Korban bencana pada simulasi tersebut digambarkan sebanyak enam meninggal dunia, 18 luka-luka, 12 selamat dan 100 orang mengungsi.

Acara simulasi penanggulangan bencana yang juga dihadiri Camat Sirampog ini diawali dengan peresmian Kampung Siaga Bencana (KSB). Pembentukan KSB ini bertujuan untuk mendidik masyarakat yang tinggal di daerah rawan bencana agar memiliki sikap waspada terhadap bencana serta memiliki mitigasi yang pada akhirnya dapat meminimalisir resiko saat terjadi bencana. Di Indonesia sendiri telah terbentuk sebanyak 800 KSB.

Camat Sirampog, Wigiyanto menuturkan, simulasi penanggulan bencana merupakan rangkai dari kegiatan pembentukan dan penetapan KSB di Kecamatan Sirampog. Yakni Desa Mendala, Desa Sridadi, Desa Batursari dan Desa Dawuhan. “Empat desa tersebut telah dibentuk dan ditetapkan sebagai KSB di Kecamatan Sirampog” katanya.

(Zm)

Baca juga

Tulis komentar dibawah ini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Open chat
Powered by