PortalPantura.com, Brebes – Warga Dukuh Satir, Desa Kutamendala, Kecamatan Tonjong, Brebes resah sejak sepekan terakhir resah dengan bau menyengat yang berasal dari limbah cair yang dibuang sembarangan tidak jauh dari sungai.

Salah seorang warga, Fatulloh (45) menuturkan, bau menyengat tersebut muncul sejak sepekan terakhir. Setelah diselidiki, bau tersebut berasal dari limbah cair yang diduga sengaja dibuang di sebuah lahan dekat dengan sungai.

Warga yang beraktifitas menambang pasir dan batu disungai Pedes yang tidak jauh dari lokasi pembuangan limbah merasakan bau yang menyengat. Warga juga mengalami perih pada mata serta mual-mual. Selain itu, tanaman di lokasi pembuangan juga mati.

“Waktu pertama kali, baunya sangat menyengat dan mata menjadi perih,” ungkap Fatulloh.

Pembuangan limbah cair berbahaya tersebut diduga sengaja dilakukan oleh orang tidak dikenal pada malam hari agar tidak diketahui warga.

Kejadian pembuangan limbah yang meresahkan warga tersebut telah dilaporkan ke Polsek dan Koramil Tonjong.

Terpisah, Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Dinas Lingkungan Hidup dan Pengelolaan Sampah (DLHPS) Kabupaten Brebes Wilayah Bumiayu, Abdulah Sudrajat mengaku pihaknya telah mengambil sampel limbah cair di Dukuh Satir tersebut untuk diteliti.

Limbah Cair
Limbah cair yang dibuang di sebuah lahan dekat dengan sungai Pedes yang masuk wilayah Dukuh Satir, Desa Kutamendala, Kecamatan Tonjong, Kabupaten Brebes. – Foto: Yudhi Prasetyo.

“Kami juga menemukan segel yang bertuliskan sebuah perusahaan di lokasi pembuangan limbah, semoga segel ini sebagai petunjuk untuk mengungkap siapa yang membuangnya,” ucapnya.***

(pendim0713bbs/yp-01bma)

Leave a Reply

  • (not be published)