Sentra Pengrajin Rebana Kaliwadas Akan Dijadikan Destinasi Wisata Menarik

Sentra Pengrajin Rebana Kaliwadas Akan Dijadikan Destinasi Wisata Menarik

Rabu, 31 Oktober 2018

2018-10-26 pokdarwis
Kelompok sadar wisata (Pokdarwis) Desa Kaliwadas, Bumiayu baru saja dilantik. Mereka bertekad menjadikan desanya menjadi tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi. - Foto: Yudhi Prasetyo - 


BUMIAYU - Sentra pengrajin rebana di Desa Kaliwadas, Kecamatan Bumiayu, Brebes akan dijadikan destinasi wisata, hal tersebut ditandai dengan dibentuknya Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) yang diberi nama Kampung Terbang.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Brebes Amin Budi Raharjo menyebut, dengan adanya Kampung Terbang tersebut akan menambah jumlah destinasi wisata di Kabupaten Brebes.

"Dengan adanya Kampung Terbang ini tentu masyarakat akan semakin banyak pilihan dalam berwisata." Kata Amin.

Amin menambahkan, dulu di Kabupaten Brebes baru terdapat 10 destinasi wisata, namun kini jumlahnya terus berkembang hingga sekarang telah ada 47 destinasi wisata.

Pengembangan destinasi wisata di Kabupaten Brebes pusatkan pada destinasi wisata Mangrovesari untuk wilayah utara, sedangkan untuk wilayah tengah dipusatkan di destinasi wisata Waduk Maahayu. Sementara di diwilayah selatan dipusatkan di destinasi wisata Ranto Canyon.

Wakil Bupati Brebes Narjo SH berharap kepada pengurus Pokdarwis Kampung Terbang untuk bisa menimba ilmu pada Pokdarwis-pokdarwis yang telah sukses mengelola wisatanya seperti Mangrovesari, Kampung Pelangi Malahayu, dan Ranto Canyon Salem.

"Pokdarwis juga harus transparan dan selalu menjaga kekompakan sesama anggotanya." Kata Narjo. (*)

Pewarta: Yudhi Prasetyo