SMK Maarif NU 1 Paguyangan Terima Bantuan Teaching Factory

Link Banner



PAGUYANGAN - SMK Maarif NU 1 Paguyangan, Brebes dipilih menjadi salah satu sekolah di Kabupaten Brebes yang menerima program Teaching Factory.

 “Program teaching factory dibuat dengan tujuan untuk meningkatkan daya kompetensi siswa lulusan SMK.” Kata Pengawas Sekolah Madya Wilayah X Jawa Tengah Direktorat Pembinaan SMK Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Drs Sutadi MM dalam sambutanya pada pembukaan Sosialisasi dan Pendampingan Program Bantuan Pengembangan Teaching Factory di SMK Maarif NU 1 Paguyangan, Rabu (24/10/2018) sore.

Ia mengatakan, sampai saat ini di Indonesia terdapat 140.000 SMK, namun dari jumlah tersebut masih banyak SMK yang belum sepenuhnya memiliki kompetensi.

Perlu diketahui, lanjut Sutadi, pada tahun 2017 lalu jumlah pengangguran di Indonesia mencapai 7 juta orang, dari angka tersebut 9,27 persenya merupakan lulusan SMK. “Ini tentu menjadi perhatian bersama, mengingat lulusan SMK disiapkan untuk bekerja.” Kata Sutadi.

Pengangguran lulusan SMK salah satunya disebabkan karena rendahnya soft skill lulusan itu sendiri. Dengan adanya program teaching factory diharapkan bisa meningkatkan softskill para lulusan.

Dengan melihat kenyataan tersebut pemerintah membantu sekolah kejuruan melalui program jangka pendek yang diberi nama teaching factory. Di tahun 2018 dan 2019 hanya 1.000 SMK yang dibantu dengan program tersebut. Sementara di tahun 2018 ada 500 SMK yang mendapat bantuan program teaching factory.

Teaching factory merupakan ‘pabrik di dalam sekolah’ namun tidak berorientasi pada keuntungan. “Teaching Factory lebih pada value orinted.” Tutur Sutadi.

Kepala SMK Maarif NU 1 Paguyangan Mardiyanto mengatakan, dengan adanya program yang baik ini diharapkan kompetensi lulusan akan semakin baik lagi. “Selama ini sekolah kami menggandeng perusahaan-perusahaan besar seperti Nasmoco, Yamaha, dan lainya.” Katanya.

Didunia pendidikan, SMK Maarif NU 1 Paguyangan juga bekerja sama dengan salah satu perguruan tinggi di Purwokerto yang terkait dengan jurusan Teknik Komputer Jaringan. (*)

Pewarta: Yudhi Prasetyo
Loading...
Informasi liputan, kritik dan saran hubungi:
Email: portalpantura@gmail.com
Telepon/SMS:
081-904-941-123
Komentar: