'Agama Ning Ati' Ajakan Jalankan Agama dengan Panggilan Hati

Header Menu

'Agama Ning Ati' Ajakan Jalankan Agama dengan Panggilan Hati

Kamis, 22 November 2018

Agama Ning Ati merupakan judul sandratari yang dimainkan siswa siswi SMA Negeri 1 Paguyangan

FOTO: YUDHI PRASETYO / PORTALPANTURA - Salah satu adegan dalam sandratari Agama Nang Ati yang dibawakan oleh siswa siswi SMA Negeri 1 Paguyangan.


PAGUYANGAN - Siswa siswi SMA Negeri 1 Paguyangan menggelar pentas seni di sekolah mereka, Kamis (22/11/2018).

Dalam acara pentas seni tersebut, seluruh kelas 11 menampilkan kreatifitasnya. Mereka membawakan sandratari dengan berbagai tema dan judul diantaranya agama ning ati.

Salah seorang siswa SMA Negeri 1 Paguyangan, Khasana mengatakan, dirinya dan teman-teman sekelasnya memilih menampilkan sandratari dengan judul 'Agama Ning Ati' yang berarti agama dalam hati.

"Agama ning ati itu, beragama dalam hati. Misalnya kita sholat harus dengan hati tidak ikut-ikutan sholat karena melihat orang lain sholat." Kata Khasana.

Ia menambahkan, menjalankan agama itu harus dengan panggilan hati. Menjalankan rukun agama pun harus dengan panggilan hati, bukan karena keterpaksaan.

Selain menampilkan sandratari agamaning ati, siswa siswi SMA Negeri 1 Paguyangan juga menampilkan drama tari 'Pesantren Rock n Roll'. Dalam drama tari tersebut mengisahkan perjalanan sekelompok anak muda yang tengah jalan-jalan yanh akhinya mondok di pondok pesantren.

Selain itu juga penampilan lainya seperti Sunan Kalijaga, Raden Patah, Cleopatra, Nabi Adam dan Siti Hawa, dan Sunan Bonang.

Guru Mata Pelajaran Seni dan Budaya SMA Negeri 1 Paguyangan, Haris Zulfikar mengaku bangga dengan semangat siswa-siswinya yang begitu bersemangat dalam berkesenian. "Anak-anak begitu bersemangat, kami bangga dengan hal itu." Katanya.

Sementara Kepala SMA Negeri 1 Paguyangan apresiasi dengan kegiatan yang dilakukan siswa. Ia menyebut, kegiatan pentas seni tersebut tidak melibatkan guru maupun pihak sekolah.

"semua kegiatan yang mengatur siswa. Sekolah tidak terlibat di dalamnya hanya bersifat memantau dan mengarahkan saja." Kata Sunaryo. (Yud/PP)