ASN Diminta Jadi Agen Transformasi SDM

ASN Diminta Jadi Agen Transformasi SDM

Kamis, 29 November 2018

Untuk itu, ASN diminta memperkuat diri dan meningkatkan SDM-nya agar bisa menjadi agen transformasi dalam membangun talenta-talenta anak bangsa

Bupati Brebes Hj Idza Priyanti SE MH memberikan penghargaan Satyalancana Karya Satya dari Presiden Joko Widodo secara simbolis kepada ASN, serta santunan kepada keluarga anggota KORPRI yang meninggal.
(Foto: Dok. Dinkominfotik Brebes)



BREBES - Mulai 2019, pemerintah akan melakukan program besar-besaran untuk memperkuat Sumber Daya Manusia (SDM) guna menghadapi tantangan zaman yang semakin berat. Kualitas SDM di semua lapisan pemerintahan serta kualitas SDM di usia dini dan remaja, harus ditingkatkan secara signifikan. Maka dari itu, kepada seluruh jajaran Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk segera memperkuat diri untuk menjadi agen transformasi SDM.

Demikian perintah Presiden RI Joko Widodo dalam sambutan tertulis yang dibacakan Bupati Brebes Hj Idza Priyanti SE MH pada Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Korps Pegawai Republik Indonesia (KORPRI) Ke-47 di Alun-alun Brebes, Kamis (29/11).

“Kita perlu meningkatkan SDM, agar menjadi agen transformasi dalam membangun talenta-talenta anak bangsa,” kata Jokowi.

“Melalui peran ASN yang tersebar di seluruh pelosok nusantara. Saya yakin transformasi kualitas SDM bisa dilakukan secara besar-besaran dan akan memberikan hasil yang positif bagi kemajuan bangsa,” tandas Jokowi.

Lebih lanjut, Jokowi mengatakan selama 47 tahun, KORPRI beserta seluruh jajaran ASN telah memberikan kontribusi besar terhadap masyarakat, bangsa dan negara. KORPRI dan ASN telah menjadi salah satu pengikat dalam memperkokoh persaudaraan dan persatuan nasional dalam keberagaman. Menjadi garda terdepan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat, dan menjadi motor penting dalam pembangunan nasional.

Tak lupa Jokowi menyampaikan terima kasih kepada KORPRI beserta seluruh jajaran ASN yang bekerja di semua sektor, semua level pemerintahan, dan semua wilayah di Indonesia serta perwakilan di luar negeri.

“Utamanya, saya memberikan apresiasi sebesar-besarnya untuk para ASN yang bertugas di daerah terpencil dan di pulau-pulau terluar yang bekerja penuh dedikasi dengan segala keterbatasan yang dihadapi,” ucap Jokowi.

Terkait pelayanan kepada masyarakat, kata dia, upaya untuk memberikan pelayanan yang lebih baik kepada masyarakat, bangsa dan negara harus selalu ditingkatkan. Dihadapkan pada perubahan sosial dan ekonomi yang sangat pesat, ASN juga harus melakukan banyak penyesuaian untuk mengantisipasi perubahan zaman.

“Revolusi industri 4.0 telah membawa perubahan lanskap sosial, politik, ekonomi dan budaya di seluruh dunia. Perkembangan teknologi informasi, terutama pengkomputeran dan media sosial, memang memfasilitasi cara kerja birokrasi,” ungkapnya.

“Namun, teknologi tersebut juga memfasilitasi masyarakat untuk menyampaikan aspirasi dan menuntut pelayanan yang lebih baik dari ASN,” imbuhnya.

Mau tidak mau, ASN harus melayani masyarakat dengan sungguh-sungguh, meningkatkan kualitas kerja dan tata kelola pemerintahan, serta menjaga akuntabilitas. ASN juga harus selalu open mind, terus melakukan inovasi, menyederhanakan proses kerja, memanfaatkan kemajuan ilmu pengetahuan teknologi, serta berkolaborasi dengan pihak-pihak terkait.

Jokowi juga meminta kepada seluruh ASN di semua lapisan pemerintahan dan di semua sektor untuk tidak terjebak dengan ego-sektoral, ego-organisasi, atau ego-programnya masing-masing. Semua permasalahan yang ada di masyarakat itu bersifat lintas sektoral bahkan juga lintas daerah.

“Dengan berkolaborasi serta pemanfaatan ilmu pengetahuan dan teknologi, saya yakin ASN bisa mengaktualisasikan baktinya secara lebih baik kepada masyarakat, bangsa dan Negara,” pungkasnya.

Usai melaksanakan upacara, dilanjutkan pemberian penghargaan Satyalancana Karya Satya dari Presiden Joko Widodo secara simbolis oleh bupati kepada ASN, serta santunan kepada keluarga anggota KORPRI yang meninggal.

Pada kesempatan tersebut, Bupati Brebes Hj Idza Priyanti SE MH bentindak sebagai inspektur upacara. Dihadiri Wakil Bupati Brebes Narjo SH MH, Jajaran Forkopimda, Kepala OPD, dan seluruh anggota KORPRI Kabupaten Brebes. (Dinkominfotik Brebes).