Awas..!!, Jaga Emosi Sebelum Membeli Gadget

Awas..!!, Jaga Emosi Sebelum Membeli Gadget

Jumat, 16 November 2018

Dalam membeli gadget seperti smartphone, tablet, laptop, komputer, maupun game console perlu dipertimbangkan aspek-aspek tertentu sebelum anda mengeluarkan uang dari dompet anda untuk membeli gadget yang anda inginkan. Hal ini penting dilakukan agar apa yang anda lakukan tidak menjadi penyesalan dikemudian hari.

Ilustrasi. - Foto: Istimewa.

TEKNOLOGI - Kemajuan teknologi gadget baik itu komputer, laptol, ponsel, game console dan lain-lain semakin berkembang. Perkembangan teknologi tersebut sangat pesat sehingga terkadang membuat bingung sendiri.

Banyak orang menyesal telah membeli produk A tetapi selang beberapa hari kemudian muncul produk B yang lebih baru dan canggih.

Banyak juga orang yang merasa bingung ketika hendak membeli gadget. Mengapa? karena banyak sekali merk yang ada di pasaran dengan spesifikasi yang hampir sama serta harga yang bedanya tidak terlalu jauh.

Ada juga yang menginginkan produk A yang harganya murah tapi spesifikasinya kurang diharapkan, ada pula yang menginginkan produk B dengan spesifikasi yang diharapkan namun harganya yang tidak sesuai dengan kantongnya.

Lalu jika ingin membeli produk tertentu apa harus dilakukan sebelum membeli:

1. Menjaga emosi

Menjaga emosi dalam hal ini adalah menghindari keinginan yang menggebu-gebu tentang suatu produk yang ingin dibeli. Pertimbangkan dan bandingkan produk yang akan dibeli dengan produk lainya. Pertimbangkan juga kondisi dan kemampuan keuangan yang dimiliki.

2. Beli gadget untuk apa?

Tentukan kebutuhan membeli gadget sebelum melangkahkan kaki ke toko gadget langganan anda. Jika anda senang memotret pemandangan maka yang dipertimbangkan adalah kualitas kamera belakang, namun jika anda suka berswafoto maka pertimbangkanlah kualitas kamera depanya.

Seseorang yang menggunakan gadgednya untuk bekerja, maka pilihlah gadget yang bisa menunjang pekerjaan anda seperti laptop maupun tablet, bisa juga smartphone dengan ukuran memori yang besar dan ram yang besar pula. Karena, gadget yang digunakan untuk pekerjaan dipastikan akan banyak aplikasi yang dibutuhkan untuk menunjang pekerjaanya itu, dengan banyaknya aplikasi, maka otomatis membutuhkan ruang penyimpanan dan ram yang tidak sedikit.

3. Spesifikasi

Sebelum membeli gadget tentukan spesifikasi yang anda butuhkan. Untuk mengetahui spesifikasi yang anda butuhkan tentu anda harus menentukan terlebih dahulu untuk apa gadget tersebut anda beli. Misalkan anda akan membeli gadget untuk kebutuhan fotografi, maka pilihlah spesifikasi kamera yang baik.

4. Harga sesuai kantong

Setelah menentukan untuk apa anda membeli gadget dan spesifikasi gadget yang diinginkan, cobalah membandingkan harga tersebut dengan seaching di internet mengenai produk yang anda beli, apakah terjangkau dengan kemampuan keuangan anda atau tidak.

5. Kantong vs kebutuhan

Setelah seaching tentukan produk yang akan anda beli yang sesuai dengan kebutuhan sekaligus terjangkau dengan kemampuan finansial anda.

6. Beli online atau offline

Membeli gadget di jaman sekaran semakin mudah. Dengan banyaknya makterplace online anda tidak perlu keluar rumah untuk membeli gadget. Jika membeli dengan cara online yang ada pilih, maka pilihlah marketplace yang dipercaya atau situs resmi online shope.

Membeli produk secara offline juga menjadi pilihan, namun anda harus rela meluangkan waktu untuk mencari produk yang anda inginkan. Pilihkan toko yang menawarkan diskon dan bisa ditawar. Karena, dengan harga yang bisa ditawar, maka anda akan mendapatkan harga terbaik pada gadget yang anda inginkan.

7. Manfaatkan waktu promosi produk

Produsen produk gadget biasanya gencar menawarkan promosi seperti pemberian diskon untuk menggaet konsumenya. Manfaatkan momen tersebut untuk membeli produk karena setelah masa promosi habis anda tidak lagi berkesempatan menikmati promosi yang ditawarkan produsen.

Promosi melalui marketplace online juga kerap dilakukan produsen dengan menggelar flash sale. Flash sale ini biasanya digelar pada jam-jam tertentu dan hanya berlangsung singkat. Manfaatkan waktu tersebut karena flash sale biasanya menawarkan harga yang miring dibanding dengan harga pada waktu biasanya. (*)


Penulis: Redaksi