Dana BOS Dikembalikan, Proses Hukum Terhadap Kasek dan Wakasek SMK Kerabat Kita Bumiayu Tetap Berjalan

Link Banner


Meskipun dana BOS SMK Kerabat Kita yang disalahgunakan telah dikembalikan, namun proses hukum kepada terdakwa tetap berjalan.


Ketua harian Yayasan SMK Kerabat Kita Bumiayu berjalan menuru kedalam kantor Kejaksaan Negeri Brebes bersama dengan Bendahara yayasan. - Foto: Tri H.

BREBES - Pengembalian uang negara karena ada penyalahgunaan dalam pelaksanaan dana BOS di SMK Kerabat Kita Bumiayu tidak mempengaruhi proses hukum yang berjalan.

"Pengembalian uang negara ini bukan berarti terdakwa tidak dihukum, namun proses hukum tetap berjalan." Kata Kepala Kejaksaan Negeri Brebes Transiswara Adhi.

Pihak Yayasan SMK Kerabat Kita telah mengembalikan uang dana BOS pada Rabu (7/11/2018) kemarin sebesar Rp500 juta kepada pihak kejaksaan. Pengembalian dana BOS tersebut merupakan tahap kedua.

Pengembalian dana BOS tahap pertama telah dilakukan beberapa waktu lalu dengan nilai Rp594.300.000. "Jadi total yang belum dikembalikan sebanyak Rp1 miliar." Imbuh Transiswara.

Total pengembalian dana mencapai separuh dari total kerugian negara yang ditimbulkan akibat kasus korupsi tersebut. Sisa kerugian negara rencananya akan dibayarkan oleh pihak yayasan pada pekan depan. Setelah semua dana BOS dikembalikan, maka kerugian megara sebesar Rp2 miliar dapat diselamatkan.

Penghitungan uang pengebalian dana BOS dilakukan oleh pihak bank. Uang tersebut akan disimpan direkening penitipan yang telah disetujui oleh Kejaksaan Agung dan Menteri Keuangan. "Rekening tersebut tanpa bunga dan tanpa potongan sama sekali." Tutur Trasiswara.

Sementara, kuasa hukum kedua terdakwa, Fajar Putra Sanjaya berharap dengan pengembalian kerugian negara tersebut bisa meringankan hukuman terdakwa. "Harapan kami, terdakwa bisa mendapat hak-haknya secara hukum seperti hukuman yang lebih ringan dari tuntutan jaksa penuntut pada sidang Tipikor nanti." Katanya. (*)


Pewarta: Tri H
Editor: Yudhi Prasetyo
Loading...
Informasi liputan, kritik dan saran hubungi:
Email: portalpantura@gmail.com
Telepon/SMS:
081-904-941-123
Komentar: