Gambar Caleg dan Capres Dilarang "Nangkring" di Angkot

Link Banner


Angkutan Umum dilarang memasang branding caleg maupun capres. Yang hanya diperbolehkan hanya mobil pribadi dan tim sukses saja.

Petugas Satpol PP Mencopot bambar capres yang dipasang di kaca belakang angkot di Brebes. - Foto: Dok. Bawaslu Brebes.

BREBES - Badan Pengawas Pemilu (Baawaslu) Kabupaten Brebes mencopot gambar Calon Legislatif (Caleg) dan Calon Presiden (Capres) yang menempel di Angkutan Kota (Angkot). Penertiban tersebut dilakukan bekerja sama dengan Dishub dan Satpol PP Kabupaten Brebes. Sementara, sasaran penertiban dilakukan di Brebes, Jatibarang, dan Sawojajar.

Penertiban terhadap angkot dan angkutan umum lainya tersebut telah sesuai dengan peraturan Bawaslu nomor 21 tahun 2018 tentang pengawasan pemilu dan kampanye. Selain itu, juga merujuk pada peraturan KPU RI nomor 33 tahun 2018.

"Ada tiga lokasi hari ini yang menjadi sasaran penertiban yakni di Brebes, Pertigaan Jatibarang, dan Sawojajar." Kata Anggota Bawaslu Brebes Ma'ruf, Rabu (14/11/2018). Di lokasi tersebut, petugas mendapati puluhan belasan angkot pada kaca belakanya ditempeli gambar caleg maupun capres.

Bawaslu Brebes juga telah menginstruksikan kepada Bawaslu tingkat kecamatan untuk melakukan hal yang sama, yakni menyasar pada angkutan umum yang membranding kendaraanya dengan gambar caleg maupun capres.

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Brebes Ahmad Satibi mengatakan, pemasangan branding caleg maupun capres tidak dibenarkan karena hal tersebut bisa mempengaruhi kinerja pengemudi. Jika kaca belakang dipasang branding, maka pandangan pengemudi melalui spion akan terganggu.

"Sesuai dengan peraturan yang ada, mobil yang diperbolehkan di branding hanya mobil pribadi atau timses caleg dan capres dan bukan angkutan umum." Kata Satibi.

Dari hasil penertiban tim gabungan Bawaslu. Dinhub dan Satpol PP Kabupaten Brebes ada 15 angkutan umum yang kedapatan membranding kendaraanya. 5 angkot di terminal angkot Brebes, 3 angkot pertigaan Jatibarang dan 7 angkot di pasar bawang. (*)


Pewarta: Ripto
Penyunting: Yudhi Prasetyo

Loading...
Informasi liputan, kritik dan saran hubungi:
Email: portalpantura@gmail.com
Telepon/SMS:
081-904-941-123
Komentar: