Gantikan Enthus, Umi Jabat Bupati Tegal Selama Dua Bulan

Header Menu

Gantikan Enthus, Umi Jabat Bupati Tegal Selama Dua Bulan

Senin, 05 November 2018

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo melantik Umi Azizah sebagai Bupati Tegal menggantikan Enthus Susmono yang berhalangan tetap karena meninggal dunia. Umi meneruskan jabatan entus hanya selama dua bulan sisa masa jabatan periode 2014-2019. - Foto: Humas Kabupaten Tegal.

SLAWI - Wakil Bupati Tegal Umi Azizah resmi menjadi Bupati Tegal menggantikan Enthus Susmono yang meninggal dunia pada 14 Mei 2018 lalu. Umi dilantik oleh Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo di Gedung Gradhika Bakti Praja Semarang, Senin (5/11/2018) pagi.

Pelantikan Umi melalui Surat Keputusan Menteri Dalam Negeri Nomor 131.33-7765 Tahun 2018. Dengan pelantikan tersebut Umi resmi meneruskan jabatan Enthus pada periode 2014-2019 terhitung sejak dilantik.

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, menitip pesan kepada Umi untuk melanjutkan perjuangan Enthus Susmono. “Meski tinggal dua bulan sisa masa jabatan 2014-2019 ini , saya harap semangat kerja tidak kendor,” ucapnya.

Menurut Ganjar, selama menjabat sebagai Bupati, Enthus Susmono banyak menggunakan pendekatan kebudayaan dalam menata pemerintahan.

“Hal ini menarik, nilai-nilai ini harus diteruskan dengan ditambah tata kelola pemerintahan yang baik. Agar bisa lebih kencang lagi dalam memajukan daerah,” ujar Ganjar.

Dengan dilantiknya Umi Azizah sebagai Bupati Tegal pengganti Enthus Susmono. Ganjar berharap, hal ini bisa menjadi pelajaran bahkan kesempatan untuk menata pemerintahan pada periode selanjutnya.

“Ini adalah kesempatan baik untuk menata Kabupaten Tegal, seperti penataan ABPD, menyiapkan struktur organisasi yang baik, menyiapkan sdm yang baik. Ini bisa menjadi bekal untuk menyiapkan pemerintahan selanjutnya sesuai hasil Pilkada lalu,” Tutur Ganjar.

Sementara itu, ditemui diakhir pelantikan, Umi mengaku siap melanjutkan perjuangan Enthus Susmono sebagaimana yang telah diamanatkan oleh Gubernur Jawa Tengah. “Bismillah, saya akan melanjutkan perjuangan beliau. Saya akan berusaha semaksimal mungkin untuk Kabupaten Tegal yang lebih baik, tentunya dengan dukungan masyarakat Kabupaten Tegal itu sendiri,” jelas Umi.

Ditanya soal sisa masa jabatan, Umi menjelaskan bahwa dirinya akan menuntaskan target capaian pembangunan, sebagaimana tertuang dalam RPJMD Kabupaten Tegal 2014-2019.
Melalui Program Daerah Pemberdayaan Masyarakat (PDPM), Umi akan menyelesaikan  penuntasan target Kabupaten Tegal ODF 2019, yang terbebas dari perilaku buang air besar sembarangan.

Selain itu, salah satu yang menjadi fokus di akhir masa kepemimpinan 2014-2019 ini adalah penyelenggaraan Pilkades Serentak gelombang ke dua dan pembangunan pasar tradisional. “Saya juga tengah membangun Co Working Space sebagai sarana pusat konsultasi bisnis. Guna menumbuhkan dan membina UMKM sebagai penggerak untuk mengakselerasi perekonomian daerah di era digital ini,” terangnya. (*)


Editor: Yudhi Prasetyo | Pewarta: Cahyo Nugroho